Jalan Menuju Objek Wisata Batu Karas Rusak Parah

Senin, 16 November 2015 - 13:15 WIB
Jalan Menuju Objek Wisata Batu Karas Rusak Parah
Jalan Menuju Objek Wisata Batu Karas Rusak Parah
A A A
PANGANDARAN - Kondisi jalan menuju objek wisata Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran rusak parah. Padahal jalur jalan tersebut memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke Pemerintah Daerah.

Salah satu warga setempat Entis (40), mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Warga berharap ada prioritas dari Pemerintah Daerah untuk memperbaiki jalan agar potensi wisata yang ada tergali secara maksimal.

"Status jalan ini sebagai aset jalan Kabupaten yang memberikan kontribusi terhadap PAD, namun kondisinya seolah tidak diperhaikan secara maksimal," kata Entis.

Entis menjelaskan, panjang jalan dari jembatan curug sampai dengan lokasi objek wisata Batu Karas hanya 6 kilo meter. Kerusakan yang paling parah sepanjang 1 kilo meter tepatnya dilokasi pintu masuk objek wisata.

"Harusnya seimbang antara pemasukan ke PAD dengan perhatian penataan inprastruktur yang ada," tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Perdagangan Perindustrian Koperasi Dan UMKM Kabupaten Pangandaran Muhlis mengatakan, pada tahun 2014 target PAD dari retribusi pintu masuk objek wisata Batu Karas mencapai target 100 persen.

"Pada tahun ini, awalnya ditargetkan senilai 5 miliar dan telah tercapai 93 persen," kata Muhlis.

Namun, pada APBD Perubahan 2015 ada kenaikan target, menjadi 6 miliar, Muhlis menjelaskan, terkait jeleknya infrastruktur yang dikeluhkan warga dia mengakui bukan kewenangan Dinasnya untuk berkomentar.

"Kami hanya mendata target capaian dan progres capaian PAD, terkait keluhan kondisi jalan yang rusak menuju objek wisata itu kewenangan Dinas Pekerjaan Umum Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dispuhubkominfo) Kabupaten Pangandaran," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4155 seconds (0.1#10.140)