Soal Imigran Gelap, Polresta Pontianak Tak Ingin Kecolongan

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 02:24 WIB
Soal Imigran Gelap, Polresta Pontianak Tak Ingin Kecolongan
Soal Imigran Gelap, Polresta Pontianak Tak Ingin Kecolongan
A A A
PONTIANAK - Kota Pontianak, Kalimantan Barat dianggap berpotensi menjadi pintu masuk warga negara asing secara ilegal. Karena itu, perlu langkah antisipasi. Hal ini terungkap saat Polresta Pontianak menggelar rapat lintas sektoral dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyelundupan imigran di Aula Maporesta Pontianak, Kamis (8/10/2015).

Kapolresta Pontianak Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan, polisi tidak ingin terlambat dalam mengantisipasi masalah imigran
tersebut. Karena, jika dilihat Pontianak memiliki potensi yang cukup menjanjikan bagi masuknya warga negara asing secara ilegal.

"Ada beberapa indikator Pontianak berpotensi menjadi salah satu tempat pilihan imigran, salah satunya karena Pontianak berbatasan dengan Malaysia yang jarak tempuhnya bisa melalui darat maupun laut," kata, Tubagus.

Menurut Tubagus, antisipasi sudah harus dilakukan jauh sebelumnya. Jika antisipasi tidak dilakukan, masalah yang timbul akan semakin meluas dan tentu penanganannya akan semakin rumit. "Melalui rapat lintas sektoral, kami mengingatkan kepada semua pihak untuk meningkatkan pengawasan," ucapnya.

Dia menjelaskan, potensi masuknya imigran ke Pontianak selalu ada, meski keberangkatan penduduk melalui jalur darat, laut, dan udara selalu terpantau.

"Masuknya imigran ini biasanya dilakukan secara rapi sehingga tidak mudah terdeteksi. Ditambah lagi, ada yang masuk melalui jalur-jalur yang tidak resmi."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6410 seconds (0.1#10.140)