7 Film Bagus Ini Malah Boncos Banget di Box Office

Jum'at, 10 Maret 2023 - 10:26 WIB
loading...
7 Film Bagus Ini Malah Boncos Banget di Box Office
Marketing buruk, konsep samar, kompetisi besar, atau genre yang biasa saja bisa membuat penggemar jadi ogah untuk menonton sebuah film yang benar-benar bagus. (Foto: Alamo Drafthouse Cinema)
A A A
Sudah bukan hal aneh kalau film bagus akan mendatangkan kesuksesan secara finansial. Sejarah telah membuktikannya. Namun, tidak semua film bagus bisa sukses di box office. Banyak dari mereka yang malah jeblok dan tidak dilirik penonton.

Ada banyak faktor yang membuat film-film yang saat ini dianggap sebagai klasik itu gagal di box office. Selain karena ulasan yang buruk, marketing yang tidak tepat diikuti faktor lain seperti waktu perilisan yang tidak tepat, dan genre yang biasa saja bisa membuat penonton ogah melirik film ini. Belum lagi dengan konsep film yang tidak jelas.

Angka box office biasanya menjadi faktor penentu apakah film itu akan berhasil mendaratkan sekuel. Ketika film gagal itu mendapatkan cult following atau fanbase besar, studio akan mengevaluasinya untuk memberikan peluang kedua. Hanya karena sebuah film tidak memberikan laba, tidak berarti film itu tidak berkualitas. Apa saja film bagus yang tidak laku di box office? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut!



7. Event Horizon

7 Film Bagus Ini Malah Boncos Banget di Box Office

Foto: Signal Horizon

Event Horizon adalah salah satu film sci-fi dan horor paling underrated dalam sejarah. Seperti banyak film paling jeblok, film ini benar-benar dicaci maki saat dirilis pada 1997. Film itu mengisahkan tentang kru sebuah kapal antariksa di saat mereka menyelamatkan dan menyelidiki kapal yang hilang, Event Horizon. Misi mereka adalah perjalanan ke neraka kosmik.

Event Horizon meraup USD27 juta dari anggaran USD60 juta. Padahal, banyak yang mengklaim kalau film inirip-off film seperti 2001: A Space Odyssey. Sementara film ini terinspirasi film sebelumnya, Event Horizon saat ini dianggap sebagai kultus klasik dan sebuah contoh horor kosmik yang dibuat dengan benar.

6. The Iron Giant

7 Film Bagus Ini Malah Boncos Banget di Box Office

Foto: Plugged In

The Iron Giant yang dirilis pada 1999 punya reputasi sebagai film anak-anak ikonis yang juga dipegang film seperti Toy Story, Ice Age, dan Shrek. Kualitasnya pun tak kalah dari film-film itu. Film itu berkisah tentang Hogarth, yang menemukan Iron Giant, robot sangat besar yang jatuh ke bumi.

The Iron Giant adalah teguran perang dan militerisme yang tidak terlalu halus. Iron Giant tahu kalau dia dibuat sebagai senjata, tapi dia menolak tujuan itu. Meski sekarang dianggap sebagai film animasi klasik, film itu hanya meraup USD31 juta dari anggaran USD70 juta.

5. The Abyss

7 Film Bagus Ini Malah Boncos Banget di Box Office

Foto: befores & afters

The Abyss adalah kambing hitam karier James Cameron terkait pendapatan di box office. Dari anggaran USD43—47 juta, film itu meraup USD90 juta ketika dirilis pada 1989. Angka ini tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan pencapaiannya dengan film lain.

The Abyss berkisah tentang setim ilmuwan yang melakukan kontak dengan bentuk kehidupan alien di bawah lautan. The Abyss punya pemeran yang kuat, selain James sedang ada di puncak ketenarannya waktu itu. Kegagalan The Abyss agak aneh karena film itu debut di sekitar waktu yang sama ketika James membuat True Lies dan Terminator 2.

4. Mission to Mars

7 Film Bagus Ini Malah Boncos Banget di Box Office

Foto: IFC Center

Dirilis pada 2000, Mission to Mars adalah karya sutradara Brian DePalma. Film ini mengangkat tentang misi ke planet merah yang jadi kacau, yang membutuhkan setim astronot untuk menyelamatkan penyintas. Setelah perjalanan yang sulit dan mahal ke Mars, kelompok itu menemukan salah satu teman mereka yang membuat penemuan mengejutkan tentang masa lalu planet itu.

Mission to Mars tidak dianggap sebagai epik action yang melaju cepat atau tipe cerita horor khas film antariksa saat itu. Alih-alih, film ini adalah drama sci-fi yang berjalan pelan. Film ini bagus, dengan penampilan oke dari Gary Sinise, Tim Robbins, dan Don Cheadle. Sayang, audiens tidak tertarik. Film ini hanya meraup USD111 juta dari anggaran USD 100 juta.

3. Kingdom of Heaven

7 Film Bagus Ini Malah Boncos Banget di Box Office

Foto: Slant Magazine

Kingdom of Heaven adalah salah satu karya terbaik Ridley Scott. Film ini adalah saksi kepiawaiannya di area epik sejarah. Sementara film ini tidak sejeblok yang lain, torehan pendapatan USD220 juta dari dana produksi USD130 juta adalah sebuah kekecewaan luar biasa bagi sutradara itu.

Dirilis pada 2004, Kingdom of Heaven mengisahkan tentang seorang ksatria muda, Balian de Ibalin, yang bergabung dengan sekelompok ksatria Perang Salib dalam perjalanan mereka ke Israel, sejauh cerita dan epik sejarahnya berjalan, film ini punya kulitas tinggi dan penampilan para pemeran yang oke banget. Film ini dibintangi Liam Neeson dan Orlando Bloom.

2. It's A Wonderful Life

7 Film Bagus Ini Malah Boncos Banget di Box Office

Foto: Vulture
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)