Pendaki Semeru yang Jatuh di Blank 75 Dirawat di Rumah Sakit

Senin, 06 Juli 2015 - 13:11 WIB
Pendaki Semeru yang Jatuh di Blank 75 Dirawat di Rumah Sakit
Pendaki Semeru yang Jatuh di Blank 75 Dirawat di Rumah Sakit
A A A
MALANG - Tim evakuasi dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), relawan, dan porter, akhirnya berhasil mengevakuasi Budiawan (21), pendaki Semeru yang jatuh di jurang Blank 75. Tim berhasil sampai di Pos Tawonsongo sekira pukul 23.50 WIB.

"Survivor langsung dibawa ke RSU RSU DR Haryoto, Lumajang oleh orangtuanya, untuk sementara dilakukan perawatan. Terima kasih atas kerja sama dan kerja keras semua tim SAR dan para pihak," kata Kepala BB TNBTS Ayu Dewi Utari, Senin (6/7/2015).

Upaya evakuasi Budiawan sebelumnya sempat terhambat beratnya medan serta kondisi survivor yang terpaksa ditandu karena mengalami luka di kepala. Sebelumnya, tim juga harus bergerak di siang hari saja karena membutuhkan penglihatan yang jelas.

Namun, pada Minggu kemarin, tim memutuskan tidak menginap lagi dan melanjutkan perjalanan menuju Pos Tawonsongo pada malam hari. Sesampai di pos pukul 23.50 WIB, Budiawan langsung dibawa ke rumah sakit untuk dirawat.

Budiawan (21), dilaporkan hilang oleh temannya ke Pos Ranupani pada Kamis (2/7/2015). Petugas lalu menyisir area yang menjadi kawasan yang biasanya menjadi tempat-tempat pendaki tersesat maupun jatuh.

Tim lalu berhasil menemukan survivor terjatuh di jurang blank 75 pada Jumat (3/7/2015) siang. Tim lalu memutuskan mengevakuasi survivor ke jalur Tawonsongo, Lumajang.

Ayu mengingatkan kepada para pendaki agar tidak naik ke puncak Semeru karena rekomendasi PVMBG pendakian hanya dibatasi hingga Pos Kalimati.

PILIHAN:
Pendaki Semeru Asal Bogor Terjatuh di Blank 75
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6745 seconds (0.1#10.140)