Majapahit dan Misteri Hilangnya Istana Kerajaan hingga Tak Berbekas

Sabtu, 14 Januari 2023 - 06:00 WIB
loading...
Majapahit dan Misteri Hilangnya Istana Kerajaan hingga Tak Berbekas
Majapahit merupakan kerajaan terbesar di Indonesia dan kekuasaannya meliputi Semenanjung Malaya
A A A
Majapahit merupakan kerajaan terbesar di Indonesia. Wilayah kekuasaannya bahkan meliputi Semenanjung Malaya (Malaysia dan Brunei), Tumasik (Singapura), serta sebagian Thailand dan Filipina.

Banyak misteri tentang Majapahit yang tak terpecahkan hingga saat ini. Misalnya misteri tentang asal usul Sang Mahapatih Gajah Mada, misteri Perang Bubat, hingga misteri hilangnya Istana Majapahit.

Misteri-mistri itu selalu menarik perhatian ahli sejarah maupun arkeolog. Berbagai studi dilakukan untuk menemukan keraton atau istana tersebut.

Catatan sejarah hanya menyebutkan pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit yang berada di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Akan tetapi, lokasi pasti berdirinya istana kerajaan tersebut masih belum bisa dijawab sepenuhnya karena seolah lenyap begitu saja.

Baca juga: Misi Terselubung Raja Majapahit Nikahi 4 Putri Penerus Singasari

Pencarian keraton ini bukan baru saja dilakukan, tetapi sudah dilaksanakan sejak lebih dari seratus tahun yang lalu. Namun sayangnya, arkeolog hanya menemukan reruntuhan batu-bata bekas bangunan dan jalan serta bekas galian pada masa kolonial.

Dilansir dari situs Indonesia.go.id, Kamis (6/10/20220), peneliti independen studi Jawa Kuno dan Sansekerta asal Belanda, Amrit Gomperts mengatakan bahwa bekas Istana Kerajaan Majapahit telah lenyap sejak tahun 1816. Hal ini dikarenakan para pemburu pusaka pada masa penjajahan telah mengambilnya.

Selain itu, situs sejarah yang ada di Trowulan yang hilang juga disebabkan karena adanya lahar yang menimbun keraton. Berbagai bencana alam setelahnya pun turut membuat Keraton Majapahit raib tak berbekas.

Meskipun tidak diketahui lokasinya secara pasti, catatan Prapanca dalam Kitab Negarakertagama pernah menggambarkan kemegahan Keraton Kerajaan Majapahit dengan cukup rinci. Istana kerajaan ini dikelilingi oleh dinding bata merah yang tinggi dan tebal.

Gerbang utama menuju istana terbuat dari besi berukir. Di depannya, didirikan bangunan yang luas untuk menjamu para tamu yang berasal dari pejabat negara atau sebagai balai untuk melaksanakan pertemuan tahunan.

Istana raja dibangun dengan batu bata dan tiang kayu besar yang diukir. Atapnya dihiasi oleh ornamen yang berasal dari tanah liat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)