Ini Wilayah Sulut yang Berpotensi Terjadi Bencana Hidrometeorologi

Jum'at, 13 Januari 2023 - 17:30 WIB
loading...
Ini Wilayah Sulut yang Berpotensi Terjadi Bencana Hidrometeorologi
Bencana hidrometeorologi akibat cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Foto/BMKG
A A A
MANADO - Sejumlah wilayah di Sulawesi Utara (Sulut), berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi akibat cuaca ekstrem. Bencana hidrometeorologi itu antara lain banjir, puting beliung, hujan es, serta tanah longsor akibat hujan lebat.



Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Dhira Utama dalam keterangannya mengatakan, berdasarkaan analisis kondisi iklim wilayah Sulut, saat ini berada pada musim hujan dengan beberapa wilayah berada pada puncak musim hujan.



"Kondisi dinamika atmosfer diwilayah Sulut, cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah," kata Dhira. Analisis kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia, kata dia masih signifikan terhadap peningkatan hujan diwilayah Indonesia.



Terdapat potensi sistem sirkulasi siklonik di sebelah utara Sulut, yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin. Aktifnya gelombang atmosfer tipe Kelvin di wilayah Sulut, dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan terlebih khusus di wilayah Kabupaten Kepulauan.

"Anomali suhu muka laut di Laut Sulawesi bernilai 0.5-2 derajat celsius, yaitu dapat menambah massa uap air semakin banyak di atmosfer, serta pengamatan cuaca udara atas menunjukan indeks labilitas atmosfer lokal dengan intensitas ringan hingga sedang," tuturnya

Kondisi tersebut mempengaruhi pertumbuhan awan-awan comulonimbus yang semakin intensif, dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, diserta dengan kilat atau petir.



Dia mengimbau kepada pemerintah dan masyarakat, untuk memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air yang siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

"Melakukan penataan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng. Melakukan penebangan pohon yang sudah rentan tumbang, menertibkan baliho semi permanen, lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untukkesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi," terangnya.

Beberapa wilayah yang patut diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrem, dan dapat mengkibatkan bencana hidrometeorologi untuk periode 13-15 Januari 2023, yaitu di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selain itu, wilayah yang juga berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi di Sulut adalah Kabupaten Minahasa, KabupatenMinahasa Selatan, Kabupaten Bolaang momong, Kabupaten Bolmong Selatan, Kota Manado, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, dan Kabupaten Minahasa Utara.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)