Mak Ganjar Jateng Bagikan Alat Kebencanaan ke Relawan di Kudus

Kamis, 12 Januari 2023 - 20:55 WIB
loading...
Mak Ganjar Jateng Bagikan Alat Kebencanaan ke Relawan di Kudus
Relawan Mak Ganjar Jateng membagikan sejumlah alat kebencanaan ke relawan Rescue Squad Desa Getaspejaten di Kabupaten Kudus, Kamis (12/1/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KUDUS - Relawan Mak Ganjar Jawa Tengah (Jateng) membagikan sejumlah alat kebencanaan ke relawan Rescue Squad Desa Getaspejaten di Kabupaten Kudus, Jateng. Alat-alat tersebut bisa digunakan untuk menangani bencana, seperti banjir yang belakangan terjadi.

"Pada hari ini kami sangat berbahagia sekali bisa berbagi dengan memberikan sedikit alat-alat rescue di Desa Getaspejaten," kata Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jateng, Pancawati di Posko Rescue Squad, Desa Getaspejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Kamis (12/1/2023).

Adapun, alat kebencanaan yang diberikan di antaranya helm pengaman, selang pemadam, sepatu boots, serta baju dan adaptor pemadam. Kemudian ada juga cangkul, golok, hingga sekop yang bisa digunakan dalam kondisi kebencanaan tertentu.

Bantuan ini diniisiasi Mak Ganjar Jateng karena melihat tingginya semangat relawan Rescue Squad Desa Getaspejaten menangani bencana akibat cuaca ekstrem. Di sisi lain, Pancawati menyebut pihaknya menyadari adanya keterbatasan alat dari relawan tersebut.

Pancawati pun mendoakan relawan kebencanaan agar selalu sehat dan dapat terus membantu masyarakat yang membutuhkan. Menurut Pancawati, kehadiran para relawan tersebut sangat dibutuhkan di lokasi bencana.

"Kami merasa ingin membantu sekali. Semoga mereka diberi kesehatan, diberi kekuatan untuk bisa berbagi dan membantu rakyat yang sedang kesulitan karena terdampak bencana ini. Terus, tanpa berhenti, tanpa lelah, setiap hari membantu," tuturnya.

Mak Ganjar juga sudah mendirikan dapur umum di sejumlah daerah di Jateng. Di dapur umum tersebut, relawan Mak Ganjar setiap hari membantu korban terdampak banjir akibat cuaca ekstrem.

"Kami setiap hari masak untuk 200 boks. Kami kirim, pertama di Semarang, kedua di Pekalongan ada tiga titik, selanjutnya memang kita fokus di Kudus. Ini di daerah Pati juga ada, semoga nanti bisa terbantu dengan Mak Ganjar," tandasnya.

Ketua Rescue Squad Desa Getaspejaten Sugianto berterima kasih kepada relawan Mak Ganjar Jateng. Sugianto mengungkapkan, alat-alat kebencanaan tersebut memang sangat dibutuhkan untuk menangani bencana, terlebih saat ini ada keterbatasan alat.

"Ini cita-cita kami dari dulu. Kami memang selama ini keterbatasan alat karena swadaya sendiri, dan sekarang alhamdulillah dapat bantuan dari Mak Ganjar. Ini sangat bermanfaat, nanti buat penanganan banjir bisa langsung kita gunakan," kata Sugianto.

Sugianto berharap, para relawan semakin semangat membantu masyarakat terdampak bencana. Sugianto juga mendoakan relawan Mak Ganjar Jateng selalu diberi kesehatan dan kelancaran dalam menjalani semua aktivitasnya.

"Sangat bisa membantu (alat kebencanaan) dari kami yang sebelumnya swadaya. Semoga relawan Mak Ganjar diberikan kesehatan, tetap berjuang di mana pun berada. Dari saya, Mak Ganjar itu tidak ke mana-mana, tapi ada di mana-mana," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3028 seconds (0.1#10.140)