BMKG Imbau Masyarakat Manado Waspadai Cuaca Ekstrem

Selasa, 10 Januari 2023 - 23:58 WIB
loading...
BMKG Imbau Masyarakat Manado Waspadai Cuaca Ekstrem
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meminta masyarakat Kota Manado mewaspadai cuaca ekstrem. Foto ilustrasi
A A A
MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meminta masyarakat Kota Manado mewaspadai cuaca ekstrem. Terutama akibat curah hujan yang cukup tinggi yang mengakibatkan rawan banjir dan longsor.



Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, menyatakan bahwa berdasarkan analisis kondisi iklim wilayah Sulawesi Utara, maka saat ini berada pada musim hujan dengan kondisi dinamika atmosfer di wilayah Sulut cukup signifikan.

Dalam analisis kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan. Sehingga berpengaruh terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

"Terdapat potensi sistem sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin di wilayah Sulawesi Utara," ujar Dhira Utama, Selasa (10/1/2023).

Wali Kota Manado Andrei Angouw mengatakan, pihaknya menerima informasi siaga dan waspada cuaca ekstrem dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado. "Sehingga saya harap masyarakat mematuhi imbauan ini," kata Andrei, Selasa (10/2/2023).

Dia mengimbau warga yang tinggal di daerah rawan longsor, banjir, pohon tumbang, angin puting beliung, dan gelombang tinggi agar meningkatkan kewaspadaan.

"Lebih khusus, warga yang tinggal di dekat sungai dan laut, saat ini gelombang tinggi dan curah hujan yang cukup tinggi," ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5934 seconds (0.1#10.140)