Heboh! Muncul Pulau di Tengah Laut usai Gempa Maluku Bermagnitudo 7,5

Selasa, 10 Januari 2023 - 19:29 WIB
loading...
Heboh! Muncul Pulau di Tengah Laut usai Gempa Maluku Bermagnitudo 7,5
Sebuah pulau misterius muncul di permukaan laut Kepulauan Tanimbar, Maluku. Pulau muncul usai gempa Tanimbar bermagnitudo 7,5 mengguncang, Selasa (10/1/2023). Foto/Antara
A A A
TANIMBAR - Sebuah pulau misterius muncul di permukaan laut wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Pulau muncul usai gempa Maluku bermagnitudo 7,5 mengguncang pada Selasa (10/1/2023) dini hari.

Pulau itu muncul di perairan wilayah Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, Kepulauan Tanimbar.



Sontak fenomena alam yang tak biasa itu membuat warga Desa Teinaman heboh, panik dan takut. Mereka memilih mengungsi dan menyelamatkan diri.

"Temuan (muncul pulau) di Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara. Gempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengakibatkan munculnya tumpukan material sehingga membentuk pulau," kata Kepala Desa Teinaman, Bony Kelmaskossu dilansir dari Antara, Selasa (10/1/2023).

Dia menyatakan untuk sementara ini Pemerintah Desa Teinaman memutuskan mengarahkan masyarakat untuk mengungsi sementara waktu demi keamanan.

Bony mengharapkan secepatnya pemerintah dan instansi teknis terkait untuk menindaklanjuti fenomena alam munculnya pulau di desanya.


Terpisah, Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Ambon, Luthfy Pary mengatakan, pihaknya belum bisa menjelaskan munculnya pulau tersebut secara detail karena perlu melakukan kajian mendalam.

Dia menyebut istilah yang mirip dengan fenomena ini dikenal dengan mud volcano. Akan tetapi perlu di kaji lagi secara detail.

"Informasi yang kami peroleh belum lengkap. Apakah fenomena itu memang murni diakibatkan oleh dampak ikutan akibat gempa atau bukan. Sejauh ini kami belum mendapatkan informasi yang akurat," katanya.

Diketahui gempa Maluku bermagnitudo 7,5 menguncang dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,37 derajat Lintang Selatan, 130,23 derajat Bujur Timur. Lokasi berada di laut pada jarak 136 Km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km.

Berdasarkan episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Tanimbar termasuk jenis menengah akibat aktivitas subduksi di Laut Banda.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)