Tuntut Kompensasi, Ahli Waris Kesultanan Kartanegara Nyaris Bentrok dengan Petugas Keamanan

Selasa, 10 Januari 2023 - 17:27 WIB
loading...
Tuntut Kompensasi, Ahli Waris Kesultanan Kartanegara Nyaris Bentrok dengan Petugas Keamanan
Ahli waris Kesultanan Kutai Kartanegara nyaris bentrok dengan petugas keamanan saat unjuk rasa menuntut kompensasi dari perusahaan tambang di Tenggarong. Foto/iNews TV/Maskaryadiansyah
A A A
KUTAI KARTANEGARA - Ratusan ahli waris Kesultanan Kutai Kartanegara nyaris bentrok dengan petugas keamanan saat unjuk rasa ricuh. Mereka menuntut kompensasi dari perusahaan tambang batu bara di kawasan Desa Loa Kulu Dalam, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Ketegangan terjadi saat ratusan massa memasuki area tambang batu bara PT MHU di Desa Loa Kulu Dalam.



Para pengunjuk rasa kesal dengan aksi blokade mobil petugas keamanan tambang batu bara yang melarang mereka untuk memasuk dalam lokasi pengerukan batu bara. Massa dilarang masuk karena dinilai dapat menghambat produksi batu bara.

Ahli Waris Adji Pangeran Sosro Negoro dari Sultan Adji Muhammad Sulaiman, Ali Umar Dani menjelaskan, pihaknya sudah berjuang selama sebelas tahun untuk menuntut haknya dengan kepemilikan dokumen yang di sahkan negara.

“Namun hingga ini belum ada itikad baik dari perusahaan untuk menyelesaikan masalah tersebut,” ujarnya, Selasa (10/1/2023).

Ali Umar Dani bersama ahli waris lainnya sudah berjuang hingga ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menyelesaikan permasalahan itu.



Terpisah, pihak perusahaan tidak tahu menahu kepemilikan lahan ahli waris dan hanya berdasar izin penambangan batu bara dari pihak terkait.

"Sebetulnya permasalahan ini sangkut pautnya dengan perusahaan tidak ada, karena yang memberikan izin dari kementerian. Jadi menurut saya terkait keputusan atau apapun itu dikembalikan lagi dari sisi kesultanannya sendiri, dan harusnya kesulatan harus mengajukan permohonan ke negara" ujar perwakilan perusahaan, Ridwan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8246 seconds (0.1#10.140)