Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap KPK, Polisi Imbau Masyarakat Tenang

Selasa, 10 Januari 2023 - 14:32 WIB
loading...
Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap KPK, Polisi Imbau Masyarakat Tenang
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Praboowo.Foto/ist
A A A
JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap Komisi Pemberentasan Korupsi (KPK), Selasa (10/1/2023) siang. Lukas Enembe diamankan saat sedang makan siang di sebuah rumah makan di Kota Raja.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Praboowo menjelaskan, Lukas Enembe selanjutnya dibawa ke Mako Brimob. Lukas Enembe ditangkap setelah sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi.

Penangkapan ini, menurut Ignatius, membuat pendukungnya tidak terima dan sempat melakukan perlawanan. Para pendukung Lukas sempat berhadapan dengan Brimob Polda Papua. "Namun tidak ada korban di antara kedua belah pihak," katanya, Selasa (10/1/2023).

Baca juga: KPK Tangkap Tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura

Kabid Humas menegaskan, situasi pascepanangkapan Lukas tetap kondusif. Pihaknya melakukan pengamanan di lokasi-lokasi yang biasa menjadi titik demonstrasi. "Personel disiagakan di sana, wilayah Jayapura juga diamankan," tambahnya.

Polisi juga mengamankan lokasi yang menjadi rute KPK untuk membawa Lukas Enembe dari lokasi penangkapan ke Bandara Sentani di Jayapura. Langkah ini dilakukan untuk menjada situasi dan kondisi tetap kondusif dan mencegah terjadinya pelanggaran hukum.

Ignatius juga mengimbau masyarakat Papua, baik yang di wilayah Papua maupun yang berada di provinsi lain untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan provokasi maupun berita bohong (hoaks) yang mungkin ada.

"Masyarakat jangan terpancing provokasi dan hoaks yang akan membawa kepada tindakan melawan hukum atau merugikan masyarakat," imbaunya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)