Suara Hati Istri 20 Nelayan Langkat yang Ditangkap Polisi Laut Malaysia

Minggu, 08 Januari 2023 - 09:35 WIB
loading...
Suara Hati Istri 20 Nelayan Langkat yang Ditangkap Polisi Laut Malaysia
Sebanyak 20 nelayan asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ditangkap Agensi Penguat Kuasaan Maritim Malaysia di perairan laut Indonesia.Foto/ilustrasi
A A A
LANGKAT - Sebanyak 20 nelayan asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ditangkap Agensi Penguat Kuasaan Maritim Malaysia di perairan laut Indonesia. Meraka adalah nelayan tradisional yang mencari ikan dengan cara memancing, bukan menggunakan pukat trawil atau jaring besar.

Penangkapan ke 20 nelayan ini terjadi dua pekan lalu saat hendak pulang ke rumah, tepatnya sekitar 80 kilometer dari perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Polisi Malaysia tanpa basa basi menggiring kapal nelayan Langkat ini ke parairan Malaysia dan membawanya ke Kantor Imigrasi Seberang Jaya, Pulau Pinang. Hasil tangkapan ikan dan perbekalan para nelayan seperti es batu dan makanan juga dibuang ke laut.

Baca juga: Nahas! Wanita Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk Kontainer di Medan

Saat ditangkap, nelayan ini tidak terbukti melanggar perbatasan, menggunakan pukat trawl atau jaring besar dan tidak membawa narkoba jenis apapun.

Atas penangkapan ini, para istri nelayan di Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Lepan, Kabupaten Langkat hanya bisa pasrah menanti kapan sang suami pulang dan dibebaskan dari polisi laut Malaysia.

Nur Cahaya, salah seorang istri nelayan mengatakan, nelayan setempat biasanya mencari ikan bersama dan beriringan sekitar empat boat. Namun ketika boat yang lain telah sampai, dia terkejut karena suaminya tidak pulang dan tertangka[ polisi Malaysia.

"Kami hanya bisa berharap kepada pemerintah Indonesia, khususnya Kabupaten Langkat mau membantu agar suami bisa dipulangkan dari Imigrasi Malaysia dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga," kata Cahaya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)