Relawan GMC Hadirkan Rumah Gizi untuk Tekan Angka Stunting di Lebak

Jum'at, 06 Januari 2023 - 11:31 WIB
loading...
Relawan GMC Hadirkan Rumah Gizi untuk Tekan Angka Stunting di Lebak
Jaringan relawan GMC Banten menginisiasi hadirnya program Rumah Gizi dan Stunting di Desa Pasir Kembang, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Kamis (6/1/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LEBAK - Jaringan relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Banten menginisiasi hadirnya program Rumah Gizi dan Stunting. Program ini hadir karena Banten menempati peringkat 5 besar dengan angka kasus stunting tertinggi di Indonesia.

Rumah Gizi dan Stunting salah satunya hadir di Desa Pasir Kembang, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak. Koordinator Wilayah GMC Banten, Cucu Komarudin menjelaskan ini menjadi implementasi keempat dari Rumah Gizi dan Stunting. Bekerja sama dengan posyandu setempat, para relawan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis anak-anak di bawah usia lima tahun (balita).

"Dalam konsep yang telah kami rancang, kegiatan ini akan terus bertahap hingga satu tahun ke depan. Agar kegiatan ini bisa merata, karena wilayah Banten itu angka stunting-nya tinggi. Jadi kami berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa menurunkan angka stunting yang tinggi di wilayah Banten," kata Cucu, Kamis (5/1/2023).

Setelah mendapat pemeriksaan kesehatan, para balita juga diberikan vitamin, susu, biskuit, dan pangan lain yang bermanfaat untuk gizi mereka. Selain itu, orang tua para balita juga diberikan edukasi terkait pentingnya mencegah stunting pada balita sejak dini.

Relawan GMC yang terdiri dari anak muda, milenial , hingga mahasiswa ini sudah survei beberapa bulan sebelum meluncurkan program Rumah Gizi dan Stunting. Dari survei tersebut, telah diputuskan daerah-daerah yang akan menjadi tempat implementasi program ini.

"Jadi kegiatan ini, selain melakukan analisa dan survei kami di lapangan, kegiatan ini juga terinspirasi setelah melihat kinerja Ayah Ganjar sebagai gubernur saat memberantas stunting di Jawa Tengah," jelasnya.

Lebih lanjut, Cucu menuturkan bahwa pihaknya juga telah membuat posko pusat stunting untuk warga Banten di daerah Babakan, Kecamatan Maja, Lebak. Posko stunting itu dibuka 24 jam untuk balita yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan gratis. Balita tersebut nantinya diberi vitamin gratis, biskuit, susu, dan lain sebagainya.

"Kegiatan berikutnya nanti kita akan masuk ke tahap lima, enam, dan seterusnya hingga tahap 20. Tapi nanti juga ada peningkatan yang diberikan. Contoh tahap ini kita berikan vitamin, biskuit, dan susu. Nanti di tahap berikutnya kita berikan minyak ikan," tambahnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9477 seconds (0.1#10.140)