Bantu Petani, Mak Ganjar Kupang Salurkan Bantuan Bibit dan Pupuk

Kamis, 05 Januari 2023 - 20:08 WIB
loading...
Bantu Petani, Mak Ganjar Kupang Salurkan Bantuan Bibit dan Pupuk
Mak Ganjar Kupangmemberikan bantuan bibit dan pupuk kepada petani di Kanaan, Desa Manusuk, Kecamatan Kupang Timur, Kamis (5/1/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KUPANG - Mak Ganjar Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan bantuan bibit dan pupuk kepada kelompok petani . Bantuan ini menjawab keresahan kelompok petani lantaran kelangkaan pupuk dan bibit.

Bantuan diberikan kepada kelompok petani di Kanaan, Desa Manusuk, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (5/1/2023). “Hingga saat ini belum ada satu pun pupuk yang beredar di petani di Desa Manusak,” kata Korda Mak Ganjar Kupang Nur Da Silva.

Mak Ganjar memberikan bantuan agar para petani segera memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam. Menurut Nur, sejak beberapa bulan lalu mendapatkan keluhan dari kelompok tani dikarenakan para distributor belum bisa menyediakan pupuk untuk petani.

“Maka kita berusaha untuk memberikan bantuan pupuk dan bibit kepada para petani agar mereka bisa tetap bekerja dan memanen hasil pertaniannya," ujarnya.

Bahkan, lanjut Nur, seharusnya saat ini para petani sudah bisa panen. Hal ini membuat para petani khawatir apabila terjadi gagal panen karena tanamannya tidak bisa menghasilkan.

"Hal tersebut tentu akan mengancam krisis pangan di sini. Maka kita mengantisipasi hal tersebut. Ini waktu yang ideal untuk diberikan pupuk," lanjutnya.

Nur menambahkan, masalah pupuk kerap terjadi di NTT, terutama saat musim tanam tiba. Padahal salah satu penentu panen adalah ketersediaan pupuk.

"Sekarang kan pupuk tidak di jual sembarangan, harus melalui koperasi atau yang memiliki izin. Sementara mereka sendiri tidak ada kepastian kapan pupuk itu ada," ujarnya.

Ke depan relawan Mak Ganjar di NTT juga akan menggelar berbagai kegiatan untuk membantu masyarakat. "Banyak sekali persoalan di NTT, seperti stunting, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi untuk para emak-emak. Kita akan mengangkat persoalan tersebut menjadi kegiatan yang memberikan manfaat," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)