Siasat Jitu Gajah Mada Bikin Ra Kuti Jadi Raja Majapahit hanya Beberapa Hari

Kamis, 05 Januari 2023 - 08:44 WIB
loading...
Siasat Jitu Gajah Mada Bikin Ra Kuti Jadi Raja Majapahit hanya Beberapa Hari
Kecerdikan Gajah Mada terlihat saat aksi kudeta oleh Ra Kuti, pejabat senior di istana Kerajaan Majapahit. Gajah Mada berhasil menyelamatkan Raja Jayanegara. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
MAHAPATIH Gajah Mada lahir sebagai tokoh yang pandai menerapkan strategi di pemerintahan. Kariernya di Kerajaan Majapahit begitu cemerlang kendati ia pribadi lahir dari golongan bukan bangsawan.

KecerdikanGajah Mada terlihat saat peristiwa kudeta yang dilancarkan Ra Kuti, salah satu pejabat senior di istana Kerajaan Majapahit. Saat itu Gajah Mada dengan pasukan elitenya terpaksa mengungsikan Jayanagara sang raja ke Bedander.



Di sinilah kecerdasan Gajah Mada diuji, ketika sang raja tengah mengungsi Gajah Mada secara cerdik masuk diam-diam ke istana ketika Ra Kuti mengklaim menjadi seorang raja.

Enung Nurhayati pada bukunya "Gajah Mada : Sistem Politik dan Kepemimpinan", mengisahkan penyelidikan Gajah Mada ke para pegawai dan pejabat istana lainnya.

Selanjutnya Gajah Mada meyakini pegawai dan pejabat istana itu masih loyal terhadap Jayanagara. Di sini dengan cerdik Gajah Mada masuk ke istana tanpa sepengetahuan Ra Kuti dan orang-orangnya.

Gajah Mada pun sempat berdiskusi dengan beberapa pejabat dan pegawai istana Majapahit.


Menariknya, saat berdiskusi dengan mereka Gajah Mada sempat memberitakan Jayanagara tewas saat penyerbuan Ra Kuti ketika sang raja tengah tertidur pulas. Dari sanalah para pejabat dan pegawai istana Majapahit itu menangis kabar kematian Jayanagara.

Gajah Mada balik menyatakan, bahwa Kerajaan Majapahit telah memiliki raja bernama Ra Kuti, yang kemudian diiringi dengan penolakan dari para pegawai istana.

Dari hasil diskusi ini disepakati Gajah Mada bekerjasama dengan beberapa pejabat dan pegawai istana untuk menggulingkan Ra Kuti dan membunuhnya dalam waktu seminggu.

Misi itu pun berhasil, berkat provokasi dan kecerdikan Gajah Mada para pegawai istana itu berhasil menyingkirkan Ra Kuti yang berkuasa hanya beberapa hari saat Jayanagara mengungsi. Ra Kuti pun tewas dibunuh.

Berkat jasanya inilah Gajah Mada lantas mendapat hadiah dari Jayanagara. Ia mendapat masa istirahat selama dua bulan dan promosi jabatan menjadi Patih di Kahuripan hingga akhirnya menjadi Mahapatih Majapahit.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)