Objek Wisata Gua Donan Ditutup

Rabu, 01 April 2015 - 09:38 WIB
Objek Wisata Gua Donan Ditutup
Objek Wisata Gua Donan Ditutup
A A A
PANGANDARAN - Objek wisata Gua Donan yang berlokasi di Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat, ditutup. Penutupan tersebut dilakukan oleh Dinas Pariwisata Perindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran karena kondisi gua sudah rusak.

Kepala Dinas Pariwisata Perindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran Muhlis mengatakan, penutupan tersebut dilakukan guna menghindari risiko yang dimungkinkan akan terjadi sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Kondisi gua tidak terawat dan retak di bagian atap dinding, sehingga kami memilih untuk menutupnya," kata Muhlis, Rabu (1/4/2015).

Menurut Muhlis, pihaknya tidak mau mengambil risiko di kemudian hari sebelum dilakukan perbaikan dan pemeliharaan yang maksimal, karena gua tersebut untuk saat ini tidak layak untuk dikunjungi.

"Kalaupun akan dibangun kembali, pasti memerlukan anggaran yang besar, juga harus mendatangkan tim ahli yang profesional," tambah Muhlis.

Sementara, Kepala Desa Tunggilis Ilan mengatakan, keberadaan Gua Donan saat ini kondisinya rusak parah. Warga setempat menginginkan adanya perbaikan untuk dijadikan destinasi wisata.

"Pemerintah setempat tidak mempunyai angaran untuk perbaikan, karena sebelumnya pengelolaan dilakukan oleh pemerintah kabupaten waktu masih bersatu ke Kabupaten Ciamis," kata Ilan.

Warga setempat, Mimin (52), mengatakan, Gua Donan ditutup sejak terjadi longsor batu di pintu masuk pada tahun 1994. Sampai saat ini, kondisinya terlihat tidak terawat lagi.

"Padahal dulu sebelum terjadi longsor, Gua Donan ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara," kata Mimin.

Karena ramai dikunjungi wisatawan, taraf kehidupan ekonomi masyarakat pun lumayan, karena mereka menjadi penjaga tiket, pemandu wisata, tukang sapu, dan pedagang di lokasi tersebut.

"Gua ini mempunyai kenangan, pada tahun 1992 sering dijadikan tempat pembuatan film seperti aktor laga Barry Prima, Advent Bangun, dan Eva Arnaz sering syuting di tempat ini," tambah Mimin.

Mimin berharap Pemerintah Kabupaten Pangandaran kembali melakukan perbaikan dan pengelolaan Gua Donan, karena gua tersebut selain sebagai destinasi wisata juga memiliki sejarah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2248 seconds (0.1#10.140)