Kunjungi Sentra Tenun, Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Ekonomi Kreatif Jembrana

Sabtu, 31 Desember 2022 - 08:41 WIB
loading...
Kunjungi Sentra Tenun, Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Ekonomi Kreatif Jembrana
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mendorong pelaku Ekraf dan mengunjungi Gedung Sentra Tenun tradisional di Jembrana, Bali. Foto/iNews TV/Nyoman Sudika
A A A
JEMBRANA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi sentra tenun tradisional di Jembrana, Bali. Kunjungan ini untuk mendorong bangkitnya sektor ekonomi kreatif (Ekraf) di Bali barat.

Dukungan untuk mendorong bangkitnya sekotor ekonomi kreatif di Jembrana salah satunya dengan pembangunan Gedung Sentra Tenun. Gedung ini menjadi pusat pelestarian dan pengembangan tenun tradisional Jembrana dan sekaligus sebagai pusat oleh-oleh untuk memasarkan produk UMKM.


Gedung Sentra Tenun dibangun dengan dana hampir Rp12 miliar dari Dana Alokasi Khusus Kementerian Perindustrian.

Sentra Tenun ini menjadi pusat pemasaran kerajinan tenun tradisonal serta produk turunan kain tenun khas Jembrana. Hal ini guna mengatasi kesulitan pemasaran yang selama ini di hadapi para perajin tenun.

Dalam kunjungan ke Gedung Sentra Tenun, Sandiaga Uno mendorong dan mendukung penuh pertumbuhan Ekraf di Jembrana.



"Hal ini sebagai salah satu upaya pemerataan pariwisata di Pulau Bali. Kemenparekraf akan menyeimbangkan pariwisata antara Bali selatan dan Bali barat," ujarnya, Jumat (30/12/2022).

Rakornas ADKI

Menparekraf juga menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) yang dilaksanakan di lantai 3 Gedung Sentra Tenun.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno memberikan dukungan dan motivasi kepada para pelaku UMKM lokal hingga nasional yang hadir sebagai peserta Rakornas ADKI.

Selain itu, lanjut Sandiaga Uno, dengan dicabutnya PPKM menjadi pertanda kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) di Indonesia.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2072 seconds (0.1#10.140)