Profil Kerajaan Siau di Sulawesi Utara, Salah Satu Penguasanya Punya Hubungan Darah dengan Jordi Amat

Kamis, 29 Desember 2022 - 19:04 WIB
loading...
Profil Kerajaan Siau di Sulawesi Utara, Salah Satu Penguasanya Punya Hubungan Darah dengan Jordi Amat
Profil Kerajaan Siau di Sulawesi Utara menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Profil Kerajaan Siau di Sulawesi Utara menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Kerajaan ini disebut pernah dipimpin oleh kakek buyut pemain naturalisasi timnas Indonesia, Jordi Amat.

Dalam eksistensinya, Kerajaan Siau mungkin terdengar cukup asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Cukup berbeda apabila dibandingkan dengan kerajaan terkenal seperti Majapahit, Demak, Samudera Pasai, Mataram Islam, dan lain sebagainya.

Baca juga : Kisah Jordi Amat Pemain Kelas Dunia Berdarah Indonesia Keturunan Raja Siau

Lantas, seperti apakah sebenarnya Kerajaan Siau ini? Simak profil singkatnya.

Kerajaan Siau merupakan salah satu kerajaan bercorak Kristen yang pernah hadir di Indonesia. Untuk wilayahnya sendiri, kerajaan ini berada di Sulawesi Utara.

Pada riwayatnya, Kerajaan Siau sekitar tahun 1510 dengan raja pertamanya yang bernama Lokongbanua II. Saat itu, corak dari kerajaan di Sulawesi ini adalah Protestan.

Selama keberadaannya, kerajaan kristen di Nusantara ini disebut pernah dipimpin sekitar 20-an Raja. Selain itu, mereka juga memiliki salah satu peninggalan berupa kompleks pemakaman Raja pertama, yaitu Lokongbanua.

Dalam sejarahnya, Kerajaan Siau juga pernah menganut corak Katolik. Hanya saja, agama tersebut kurang berkembang dan pada akhirnya masyarakat kembali kepada kepercayaan awalnya.

Baca juga : 4 Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Sulawesi Utara: Nomor 4, Cicit Raja Siau

Pasca kedatangan Belanda di tahun 1677 bersama sekutunya, Kerajaan Siau mengalami perubahan yang signifikan, terutama dalam hal agama. Pengaruh Belanda yang kuat ini membuat kerajaan menjadi pemeluk Protestan.

Dari sekian banyak Raja yang pernah memimpin kerajaan tersebut, salah satu di antaranya adalah Manalang Doelag Kansil atau biasa dikenal M.D Kansil. Dia disebut sebagai raja Siau yang berkuasa antara tahun 1895 hingga 1909.

Dalam statusnya, M.D Kansil dikatakan sebagai kakek buyut dari pemain naturalisasi timnas Indonesia yang baru, yaitu Jordi Amat. Menurutnya, darah tersebut berasal dari neneknya yang keturunan asli Makassar.

Pada keruntuhannya, Kerajaan Siau justru mulai melemah pasca kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Akhirnya mereka benar-benar harus berakhir sekitar tahun 1956 dengan raja terakhirnya yang bernama Ch David.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)