Megah! Masjid Raya Al-Jabbar Tampung 50.000 Jamaah, Jadi Ikon Baru Jabar

Kamis, 29 Desember 2022 - 15:05 WIB
loading...
Megah! Masjid Raya Al-Jabbar Tampung 50.000 Jamaah, Jadi Ikon Baru Jabar
Masjid Raya Al-Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat mampu menampung hingga 50.000 jamaah. Foto/Antara
A A A
BANDUNG - Masjid Raya Al-Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat mampu menampung hingga 50.000 jamaah. Selain jadi pusat kegiatan ibadah juga merupakan ikon baru dan daya tarik promosi luar negeri.

"Kalau dulu landmark Jabar hanya Gedung Sate, sekarang ada yang baru. Tentu akan muncul dalam materi promosi kita di luar negeri atau relasi internasional. Apalagi secara arsitektur ini luar biasa," kata Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Pemprov Jabar, Dodit Ardian Pancapana, Kamis (29/12/2022).



Selain itu, Masjid Al-Jabbar bisa dijadikan lokasi baru untuk menggelar kegiatan yang berhubungan dengan kerja sama luar negeri.

"Jadi Al-Jabbar itu dari segi fungsi jadi sentral ibadah yang nanti akan dikembangkan untuk lebih mengenalkan Jabar di skala internasional. Jadi tak hanya sebagai tempat syiar, tapi bisa jadi bagian ikhtiar untuk menjangkau umat muslim internasional," paparnya.

Dodit menjelaskan, masjid ini memiliki kontruksi bangunan yang megah dan istimewa. Sehingga selain sebagai tempat beribadah, Masjid Al-Jabbar mempunyai fungsi edukasi, wisata, dan sosial.

Manajer Produksi Proyek Pembangunan Masjid Al-Jabbar Affy Primadhian menuturkan, ada banyak keistimewaan dalam masjid yang didesain langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil sewaktu masih jadi Wali Kota Bandung. Salah satunya, bangunan utama tanpa tiang tengah.



"Pembangunan Masjid Al-Jabbar ini banyak hal istimewanya, terutama dari segi desain yang sudah dirancang sendiri oleh Ridwan Kamil. Suatu tantangan buat kami untuk menyelesaikan pekerjaan ini agar sesuai desain yang diharapkan," ujarnya.

Namun, perlahan dan pasti satu per satu tantangan dalam menyelesaikan konstruksi Masjid Al Jabbar dapat terealisasi sesuai dengan harapan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan peresmian Masjid Al-Jabbar digelar akhir tahun 2022 atau tepatnya 31 Desember 2022. Hal itu disampaikan melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil. Peresmian itu menyusul selesainya proyek pembangunan masjid prestisius itu.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)