Pelaku Pencurian 6 Motor Sekaligus di Deliserdang Diringkus

Rabu, 28 Desember 2022 - 13:54 WIB
loading...
Pelaku Pencurian 6 Motor Sekaligus di Deliserdang Diringkus
Polisi mengungkap pencurian 6 sepeda motor sekaligus di salah satu rumah kos Jalan Medan-Batang Kuis, Pasar 9 Tembung, Deliserdang, Sabtu 3 Desember 2022 lalu.
A A A
DELISERDANG - Polisi mengungkap pencurian 6 sepeda motor sekaligus di salah satu rumah kos Jalan Medan-Batang Kuis, Pasar 9 Tembung, Deliserdang, Sabtu 3 Desember 2022 lalu. Dari pengungkapan itu, 5 orang tersangka berhasil ditangkap.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengatakan kelima tersangka adalah WS, YS dan tiga orang lainnya. Sementara satu tersangka lain berinisial Ri yang juga otak pelaku pencurian itu, kini masih buron.

"Saudara Ri yang masih buron kita minta untuk segera menyerahkan diri. Petugas kita di lapangan sedang memburu yang bersangkutan," kata Kombes Tatan didampingi Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Rabu (28/12/2022).

Tatan menjelaskan, dari pemeriksaan yang mereka lakukan diketahui aksi pencurian itu direncanakan dan dilakukan tersangka Ri bersama sejumlah rekannya. Seorang perempuan muda juga terlibat dalam pencurian itu.

"Peran mereka ada yang memantau ada yang membawa sepeda motor. Para pelaku melakukan aksi pencurian itu dalam dua tahap. Pertama mereka membawa tiga sepeda motor, lalu kembali lagi membawa tiga sepeda motor sisanya," jelas Tatan.

Baca juga: Mabuk Aniaya Warga, Anggota DPRD dari PDI Perjuangan Terancam Dipecat

"Motor yang dicuri yakni 5 unit motor Honda Beat dan 1 unit Honda Supra X. Saat pencurian itu, motor itu disimpan di halaman rumah kos yang pacarnya tidak dikunci," tambahnya.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi, menyebut aksi pencurian sepeda motor ini terjadi bukan karena adanya niat para pelaku. Tapi juga adanya unsur kelalaian dari korban yang tidak melengkapi kendaraan mereka dengan pengaman yang cukup. Kondisi ini pun terjadi secara jamak di hampir semua kasus pencurian sepeda motor.

"Jadi timbul kesempatan, karena motor tidak dilengkapi dengan kunci ganda dan kemudian motor diparkir kan di tempat yang kurang aman. Oleh karena itu kita imbau masyarakat untuk selalu waspada dengan menggunakan pengaman ganda di kendaraan mereka. Bisa alarm, bisa kunci ganda atau mengunci tempat penyimpanan kendaraan mereka," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)