Profil Manalang Doelag Kansi, Kakek Buyut Jordi Amat Raja Siau di Sulawesi Utara

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:13 WIB
loading...
Profil Manalang Doelag Kansi, Kakek Buyut Jordi Amat Raja Siau di Sulawesi Utara
Jordi Amat merupakan pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang kini tengah beralaga dalam piala AFF 2022. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jordi Amat merupakan pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang kini tengah beralaga dalam piala AFF 2022 . Dalam kehidupanya, Jordi Amat rupanya memiliki darah keturunan asli Indonesia, yakni keturunan dari Raja Siau.

Nenek Jordi berasal dari keturunan asli Makassar, Sulawesi Selatan yang memiliki ayah bernama Manalang Doelag yang berasal dari Siau, Sulawesi Utara. Sehingga Manalang Doelag kansil merupakan kakek buyut dari Jordi Amat yang berasal dari kerajaan Siau.

Manalang Doelag kansil atau yang biasa dikenal dengan M.D Kansil merupakan seorang Raja Siau yang berkuasa dari tahun 1895 sampai dengan 1909. M.D Kansil adalah raja ke-17 dengan menggantikan Raja sebelumnya yakni Lemuel David.

Baca juga : Bandara Siau Bakal Diresmikan Presiden Jokowi Saat Hari Pahlawan

Kerajaan Siau adalah sebuah kerajaan yang terletak di Sulawesi Utara yang didirikan oleh Raja pertamanya yakni Lokombanua II atau Lokongbanua II pada 1510 dan runtuh pada kekuasaan Ch. David pada tahun 1956.

Selama kerajaan Siau Berdiri, kerajaan ini telah dipimpin oleh 21 orang Raja dan telah meninggalkan sebuah kompleks pemakaman Raja yang pertama yakni Lokongbanua.

Dari Keseluruhan Raja yang pernah memimpin kerajaan Siau semuanya beragama Kristen. Namun ketika dipimpin oleh Raja Raramenusa kerajaan ini menganut agama Kristen Protestan.

M.D kansil merupakan keturunan dari Paduka Raja Albertus Matingkolang Kansil. M.D Kansil mempunyai seorang kakek buyut yang bernama Jacob Ponto seorang Raja yang pernah dibuang Belanda di Kuningan Desa Sangkanhurip Jawa Barat.

Wilayah kekuasaan M.D kansil terbilang cukup luas yakni wilayah Sangihe, Talaud, Tagulandang, Teluk Manado, Minahasa Utara serta wilayah Kaidipang dan juga Leok Buol.

Baca juga : Belum Digunakan, Ruang Tunggu Bandara Siau Hancur Disapu Angin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)