Bandara Siau Bakal Diresmikan Presiden Jokowi Saat Hari Pahlawan

Minggu, 08 November 2020 - 15:22 WIB
loading...
Bandara Siau Bakal Diresmikan Presiden Jokowi Saat Hari Pahlawan
Presiden Joko Widodo direncanakan akan meresmikan Bandara Pihise di Kampung Balirangen, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Foto/SINDOnews/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencananya meresmikan Bandara Pihise di Kampung Balirangen, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro ( Sitaro ), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada 10 November 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Daerah (Dishubda) Provinsi Sulut, Lynda Watania mengatakan, peresmian Bandara Siau akan dilakukan Presiden Jokowi dari Toraja secara virtual. (Baca juga: Aksi Warga Bawa Pulang Paksa Ibu-ibu Habis Melahirkan di RSUD Tongas Probolinggo Viral, Takut Terpapar COVID-19 Jadi Alasan )

"Iya, agenda peresmian 10 November 2020, oleh Pak Presiden dari Toraja. Peresmian bandara itu secara bersamaan dengan lima bandara lainnya di Indonesia," ujar Lynda, Minggu (8/11/2020).

Bandara Siau Bakal Diresmikan Presiden Jokowi Saat Hari Pahlawan


Kata Lynda, peresmian bandara dilakukan setelah Dirjen Perhubungan Udara menyetujui semua persyaratan yang ada. "Ini merupakan satu kebanggaan bagi kita karena Provinsi Sulut bertambah lagi satu badara yang beroperasi. Semua sarana dan prasarana penunjang bandara sudah sangat lengkap dan siap digunakan," kata dia.

Lynda mengakui, percepatan pengoperasian Bandara Siau memang terus didorong Bapak Olly Dondokambey sebelum menjalani cuti agar supaya bisa membuka akses perekonomian bagi masyarakat, serta mendorong ekspor seperti perikanan Sitaro ke Jepang. (Baca juga: Aniaya Siswa SMP, Penjaga Sekolah di Talaud Ditangkap Polisi )

Kepala Bandara Naha Tahuna, Dwi Arianto yang menjadi penanggung jawab Bandara Pihise Siau menjelaskan, panjang runway bandara tersebut sepanjang 1.325 meter dan kapasitas terminal diperkirakan bisa menampung 17 ribu penumpang dalam setahun.

"Sudah ada beberapa maskapai yang mencoba dengan melakukan penetrasi di bandara tersebut. Hingga kini, sudah ada beberapa operator maskapai yang menghubungi untuk bekerja sama," katanya.



Total anggaran pembangunan Bandara Siau sejak tahun 2013 hingga 2019 sebesar Rp440 miliar. Hingga kini semua fasilitas bandara sudah sangat siap untuk dioperasikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)