Demi Pujaan Hati, Calon Pengantin Pria di Pinrang Antar Uang Panaik Gunakan Rakit saat Banjir

Senin, 26 Desember 2022 - 08:27 WIB
loading...
Demi Pujaan Hati, Calon Pengantin Pria di Pinrang Antar Uang Panaik Gunakan Rakit saat Banjir
Demi pujaan hati, calon pengantin pria di Pinrang antar uang panaik gunakan rakit saat banjir. Foto Eka Erwin Pratama
A A A
PINRANG - Karena banjir, prosesi antar uang Panaik oleh rombongan calon pengantin pria di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan terpaksa dilakukan dengan menggunakan rakit. Videonya pun viral di media sosial.



Dalam video itu, tampak rombongan keluarga calon pengantin pria menempuh perjalanan di tengah banjir. Mereka menggunakan rakit menuju ke rumah sang calon mempelai wanita yang terletak di Dusun Sempang Barat, Desa Mattiro Ade, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Rustan, Kepala Desa Mattiro Ade mengatakan, calon pengantin perempuan sengaja membuatkan rakit karena karena banjir melanda wilayah tersebut.

"Rakit terbuat dari drum untuk rombongan calon pengantin pria, agar dapat mengantar uang Panaik yang menjadi tradisi adat Suku Bugis dalam prosesi sebelum digelarnya perkawinan kedua calon mempelai," jelas Rustan, Senin (26/12/2022).

Pemangangan langka ini pun mendorong warga sekitar ramai-ramai mengabadikannya hingga videonya pun viral di media sosial. Meski harus menggunakan rakit, prosesi pengantaran uang Panaik ini dapat berlangsung lancar.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)