Fenomena Alam, Jutaan Kerang Muncul di Pantai Asem Doyong Pemalang

Minggu, 25 Desember 2022 - 20:58 WIB
loading...
Fenomena Alam, Jutaan Kerang Muncul di Pantai Asem Doyong Pemalang
Masyarakat pesisir pantai Muara Indah, Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Pemalang, berbondong-bondong ke pantai berebut panen Kerang Bokor atau Kerang Engsol atau yang juga sering disebut Kerang Darat, Minggu (25/12/2022). Foto: MPI/Aryanto
A A A
PEMALANG - Masyarakat pesisir pantai Muara Indah, Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Pemalang , berbondong-bondong ke pantai berebut panen Kerang Bokor atau Kerang Engsol atau yang juga sering disebut Kerang Darat, Minggu (25/12/2022).

Jutaan Kerang Engsol ini terhempas ombak besar yang diperkirakan akibat lumpur dari permukaan bawah laut terangkat, menjadikan kerang yang berada di dasar laut ikut terbawa ombak ke tepian pantai.



Fenomena alam ini pun menjadi berkah tersendiri bagi para nelayan di pesisir pantai Pemalang, ketika perahunya tidak bisa berlayar karena perubahan iklim atau ombak besar, maka alternatif mencari kerang di tepi pantai pun menjadi pilihan.



Selain menjadi tambahan ekonomi kerang juga sekedar lauk untuk keluarga.

Mualif (45) warga setempat menuturkan, kejadian jutaan kerang terhempas terjadi, tiap musim ombak, sudah tidak asing bagi orang pesisir. "Biasanya terjadi tiap musim ombak besar," katanya.



Dia menyebutkan, kemunculan kerang terjadi setiap musim baratan atau rendeng, dimana nelayan tidak bisa melaut dikarenakan ombak dan angin yang kencang.

“Jadi untuk kerang yang dari dasar laut pada muncul karena kena ombak," ujarnya.

Saking banyaknya kerang yg terhempas ke tepi pantai, warga sampai ada yang dapat dua bahkan tiga karung lebih.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5084 seconds (0.1#10.140)