Kabar Baik! Akhir Tahun Pertumbuhan Ekonomi Sulut Diprediksi Meningkat

Sabtu, 24 Desember 2022 - 09:07 WIB
loading...
Kabar Baik! Akhir Tahun Pertumbuhan Ekonomi Sulut Diprediksi Meningkat
Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut), bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), menggelar diskusi akhir tahun yang salah satunya membahas tentang pertumbuhan ekonomi. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara (Sulut), pada penghujung tahun 2022 diprediksi akan mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi ini, diprediksi mencapai kisaran 4,1-4,5 persen.



Dalam diskusi akhir tahun yang digelar Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Kepala Perwakilan BI Sulut, Andry Prasmuko mengatakan, di tengah gejolak ekonomi global yang belum mereda, ekonomi Indonesia terus menunjukkan ketahanan dan prospek yang baik.



"Berdasarkan realisasi sampai dengan triwulan III 2022, perbaikan ekonomi nasional terus berlanjut dan bisa ke atas dalam kisaran proyeksi 4,5-5,3 persen pada 2022, dan tetap tinggi pada 2023," kata Andry, Jumat (23/12/2022).



Berbagai indikator bulan Oktober 2022 dan hasil survei BI terakhir, seperti keyakinan konsumen, penjualan eceran, dan Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur, mengindikasikan terus berlangsungnya proses pemulihan ekonomi domestik.

Dari sisi eksternal, kinerja ekspor diperkirakan tetap kuat, khususnya batu bara, CPO, besi, dan baja, serta ekspor jasa, seiring dengan permintaan beberapa mitra dagang utama yang masih kuat didukung kebijakan pemerintah. "Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi 2022 diperkirakan tetap bisa ke atas dalam kisaran proyeksi BI pada 4,5-5,3 persen," ujar Andry

Di tingkat provinsi, berdasarkan indikator dini serta hasil survei BI, perbaikan perekonomian Sulut, diperkirakan masih akan berlanjut hingga akhir tahun 2022, dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi pada kisaran 4,6-5,6 persen (yoy).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2854 seconds (0.1#10.140)