Biografi Gajah Mada, Asal Usul, Perjuangan dan Kematiannya

Jum'at, 23 Desember 2022 - 09:18 WIB
loading...
Biografi Gajah Mada, Asal Usul, Perjuangan dan Kematiannya
Gajah Mada merupakan seorang mahapatih dari Kerajaan Majapahit. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Biografi Gajah Mada , asal-usul, perjuangan dan kematiannya akan dibahas dalam artikel ini. Gajah Mada merupakan seorang mahapatih dari Kerajaan Majapahit .

Dalam era kejayaan kerajaannya, yakni di era pemerintahan Raja Hayam Wuruk, Gajah Mada dikenal sangat berpengaruh di era pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Sebagai seorang mahapatih, ia dikenal sebagai sosok yang setia dan perkasa dalam menjaga keutuhan dan juga dalam menyebarkan pengaruhnya.

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Maka dari itu, tak jarang jika publik selalu bertanya tentang identitasnya. Berikut ini biografi Gajah Mada, Asal Usul, Perjuangan dan Kematiannya.

Asal Usul Maha Patih Gajah Mada

- Kelahiran

Berdasarkan sengkala yang terdapat pada Babad Gajah Mada, telah diketahui bahwa ia lahir pada tahun 1229 dan mempunyai nama lain yakni Jirnodora.

Dalam sengkala Babad Gajah Mada terdapat kata 'om cri saka warsa jiwa mrtta yogi swaha' yang artinya 'selamatlah pada tahun saka jiwa mrtta yogi swaha', pada kata tersebut memiliki makna yakni arti 1, mrtta 2, yogi 2, swaha 1 lengkapnya dalam petikan tersebut berarti tahun Saka 1221 atau 1229 Masehi.

Orang tua dari mahapatif belumlah jelas, sebab banyak cerita yang melatar belakanginya misal dalam buku The Pakubuwono code bahwa ayah dan ibunya seorang Brahmana dan Brahmani yang bernama Curadharmawyasa dan Nariratih.

- Nama Gajah Madhaa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)