Lonjakan Pemudik Nataru, Tol Tebing Tinggi-Indrapura Jadi Jalur Alternatif

Kamis, 22 Desember 2022 - 17:00 WIB
loading...
Lonjakan Pemudik Nataru, Tol Tebing Tinggi-Indrapura Jadi Jalur Alternatif
Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura jadi jalur alternatif bagi pemudik saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah Sumut. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
MEDAN - Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura jadi jalur alternatif bagi pemudik saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Jalur alternatif ini untuk mengatasi lonjakan pemudik.

"Tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 30 km siap difungsikan menjelang arus mudik Natal dan Tahun Baru bagi kendaraan golongan 1, yakni sedan, jip, pikap, truk kecil, dan bus," kata Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dikutip Kamis (22/12/2022).


Pintu keluar dari Jalan Tol Tebing Tinggi dibuat jalur pengurai, yakni dari Pintu Tol Sei Rampah selanjutnya ditempatkan personel di seluruh titik-titik rawan terjadinya kemacetan.

"Nantinya ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura akan difungsikan dengan melihat situasi kepadatan volume kendaraan. Petugas gabungan akan mengarahkan seluruh kendaraan agar pengemudi mengetahui kemana arah menuju ke Pematang Siantar dan Indrapura," ujar Kapolda.

RZ Panca Putra Simanjuntak menambahkan, Polda Sumut bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral pengamanan selama Natal dan Tahun Baru 2023.

"Sumatera Utara menjadi provinsi prioritas. Khususnya pengamanan jalur mudik masyarakat dari Labuhanbatu Selatan hingga perbatasan dengan Provinsi Riau. Kemudian jalur lintas menuju objek wisata mulai dari Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Parapat, Toba, Samosir, Tapanuli Utara, Medan, dan Tanah Karo menjadi prioritas pengamanan," tandasnya.


Dia menyebut Jalan Tol Sinaksak-Dolok Merawan dapat digunakan sebagai akses untuk mengantisipasi kemacetan jika terjadi lonjakan arus lalu lintas. Meski demikian perlu dievaluasi dan memperbaiki hal-hal yang dipersiapkan untuk kenyamanan pengendara.

"Saya minta Kapolres Tebing Tinggi, Batubara, dan Serdang Bedagai untuk berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lain terkait rambu lalu lintas guna memberikan penjelasan kepada masyarakat sesuai tujuannya," tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)