Patih Madhu, Makcomblang Pernikahan Raja Majapahit dengan Putri Sunda

Kamis, 22 Desember 2022 - 05:05 WIB
loading...
Patih Madhu, Makcomblang Pernikahan Raja Majapahit dengan Putri Sunda
Pertunjukan Putri Sunda. Foto: Istimewa
A A A
MAKCOMBLANG yang dalam kamus bahasa Indonesia berarti perantara pencari jodoh ternyata sudah dikenal sejak masa Kerajaan Majapahit. Salah satu makcomblang yang paling terkenal adalah Patih Madhu.

Melalui perantaranya, Raja Majapahit yang terkenal bijaksana Hayam Wuruk berhasil mendekati putri Kerajaan Sunda, anak Maharaja Linggabuana Wisesa bernama Dyah Pithaloka Citraresmi yang sangat cantik.

Yang membuat beban Patih Madhu sangat berat adalah, bukan hanya karena hubungan cinta dan kasih itu harus terjadi. Tetapi juga menjaga agar hubungan Kerajaan Sunda dan Majapahit kembali rapat.



Seperti diketahui, Kerajaan Sunda merupakan kerajaan merdeka yang tidak pernah dijajah atau di bawah Majapahit. Sejak tercetus Sumpah Palapa oleh Gajah Mada, hubungan Kerajaan Sunda dengan Majapahit merenggang.

Tetapi bukan Patih Madhu namanya jika tidak bisa meyakinkan Raja Sunda agar mau menikahkan putrinya yang cantik jelita itu kepada Hayam Wuruk. Bagaimana kisahnya, berikut ulasan Cerita Pagi.

Selain karena persoalan yang sudah disinggung, tantangan lain yang dihadapi Patih Madhu adalah menetapkan lokasi pernikahan, di mana Hayam Wuruk menginginkan pesta pernikahan itu dilangsungkan di Majapahit.



Upaya Patih Madhu ini sempat mendapat tentangan dari Patih Amangkubhumi Bunisora, petinggi Kerajaan Sunda.

Bersama empat mantri pengiringnya, Patih Madhu akhirnya berangkat ke Kerajaan Sunda. Setelah lima hari berlayar, rombongan Patih Madhu akhirnya tiba di Tanah Sunda. Utusan Majapahit ini disambut Patih Anepaken.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)