Keren, Mahasiswa Udayana Bali Ciptakan Robot Asisten Dokter untuk Corona

Sabtu, 11 Juli 2020 - 12:29 WIB
loading...
Keren, Mahasiswa  Udayana Bali Ciptakan Robot Asisten Dokter untuk Corona
Mahasiswa elektro dan Teknik Mesin Universitas Udayana Bali mampu menciptakan robot asisten tenaga medis dalam merawat pasien positif COVID-19. FOTO: iNews.tv/Bona Jaya
A A A
BALI - Berbagai inovasi teknologi dalam mengatasi penyebaran COVID-19 terus dilakukan salah satunya mahasiswa elektro dan Teknik Mesin Universitas Udayana Bali yang mampu menciptakan robot asisten tenaga medis dalam merawat pasien positif COVID-19.

Robot ini juga dipasang monitor dan kamera untuk komunikasi dengan pasien yang aman tanpa harus bertatap muka. Robot yang dinamakan Ratna ini dibuat untuk membantu tenaga medis seperti dokter dan perawat berkomunikasi dengan pasien postif dengan hanya melalui monitor dan kamera yang dikendalikan jarak jauh tanpa harus bertatap muka. Selain itu sejumlah alat medis juga disediakan seperti alat pengukur tekanan darah dan termometer sehingga kondisi pasien bisa dikontrol setiap saat.

“Robot ini akan terus dikembangkan dan rencananya akan diserahkan ke pihak gugus tugas di RSPTN Udayana diharapkan robot Ratna dapat menekan risiko tenaga medis yang kini sudah turut menjadi korban COVID-19,” terang I Gede Feryanda Fransisca, mahasiswa Udayana Bali, Sabtu (11/7/2020).(Baca juga : Waduh, Dua Pria di Bali Ini Tertangkap Basah Berhubungan Sesama Jenis )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)