Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Libur Nataru, Pelni Tambah Kapal Rute Tanjungpinang

Rabu, 21 Desember 2022 - 15:32 WIB
loading...
Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Libur Nataru, Pelni Tambah Kapal Rute Tanjungpinang
PT Pelni bakal menambah satu kapal rute Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), untuk mengantisi lonjakan penumpang di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
TANJUNGPINANG - Mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) bakal menambah satu kapal. Tambahan kapal tersebut, untuk melayani rute Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).



Menurut Kepala Cabang Pelni Tanjungpinang, I.B.A Putra Kencana kapal Pelni yang diperbantukan adalah KM Dorolonda. Kapal tersebutakan melayani penumpang tujuan Belawan, Batam, Kijang, Tanjung Priok dan seterusnya. "Tahun ini jumlah penumpang diprediksi naik 5.311 orang dibanding tahun lalu," katanya.



Lebih lanjut Putra menjelaskan, total kapal Pelni yang melayari rute Tanjungpinang, pada libur Nataru sebanyak tujuh unit. Enam kapal lainnya yakni, KM Kelud melayani rute Tanjung Priok, Belawan, Batam, dan singgah ke Tanjungpinang.



Kemudian KM Bukit Raya dengan rute Tanjung Priok, Belinyu, Tanjungpinang, Letung, Tarempa, Selat Lampa, Natuna, Midai, Serasan, Pontianak, dan Surabaya. Rute Tanjungpinang, yang dilayani KM Bukit Raya jadi salah satu yang cukup padat penumpang, karena sangat familiar untuk masyarakat setempat.

Selanjutnya, ada KM Umsini yang melayani rute Tanjungpinang, Tanjung Priok, Surabaya, Makassar, Maumere, sampai Kupang."Durasi pelayarannya per 14 hari sekali," ujarnya.

Selain itu, ada juga KM Sabuk Nusantara 84 dan 48 yang bersandar di Pelabuhan Tanjungpinang. Lalu KM Sabuk Nusantara 80 yang bersandar di Pelabuhan Kijang, Kabupaten Bintan. Durasi pelayarannya per 10 hari sekali.



Dia berharap pelayaran selama libur Nataru kali ini berjalan lancar. Namun, menurutnya Pelni tetap harus mengantisipasi perubahan masyarakat dalam melakukan perjalanan, setelah hampir tiga tahun pandemi Covid-19.

"Antisipasi yang kami lakukan dengan melakukan protokol keamanan dan kesehatan yang lebih matang di lapangan. Semoga target penumpang tercapai dan masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan aman, selamat, dan sehat," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3620 seconds (0.1#10.140)