4 Kerajaan Tertua di Indonesia, Nomor 3 Punya Ratu Terkenal

Selasa, 20 Desember 2022 - 19:24 WIB
loading...
4 Kerajaan Tertua di Indonesia, Nomor 3 Punya Ratu Terkenal
Kerajaan tertua yang pernah ada di Indonesia diketahui dari sejumlah prasasti yang ditemukan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kerajaan tertua yang pernah ada di Indonesia diketahui dari sejumlah prasasti yang ditemukan. Kerajaan Tertua merupakan kerajaan yang telah berdiri pada abad ke 4 M atau tahun yang masih berdekatan setelahnya.

Awal mula munculnya kerajaan di Indonesia ini memang belum secara pasti ditetapkan, dan hanya diketahui berdasar prasasti kuno yang ditemukan bahwa kerajaan ini mulai berkembang sekitar abad ke 4 masehi.

Baca juga : Jejak Kanjuruhan, Kerajaan Tertua di Jawa Timur yang Berlokasi di Malang

Berikut empat kerajaan tertua di Indonesia :

1. Kutai

Melansir dari uinsby.ac.id, Kerajaan Kutai telah berdiri sekitar abad ke 4 sampai 5 masehi, yang dibuktikan dari penemuan Yupa. Dari prasasti tersebut banyak pihak yang menyimpulkan bahwa Kutai merupakan kerajaan pertama di Indonesia.

Yupa sendiri merupakan sebuah batu besar dimana terdapat tulisan kuno pada permukaannya. Ukiran tulisan sansekerta yang terdapat pada batu ini dipercaya digunakan pada tanah Hindu Selatan sekitar tahun 400 masehi.

Kerajaan tertua ini berada di daerah Muarakaman tepi Sungai Mahakam Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Raja pertamanya, Kudungga merupakan sosok yang populer di Kutai.

2. Tarumanegara

Dikutip dari jurnal bertajuk "Penguasaan Kerajaan Tarumanegara Terhadap Kawasan Hulu Cisadane", Kerajaan yang berada di wilayah Bogor, Jawa Barat ini dipercaya berdiri pada abad ke 5.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3648 seconds (0.1#10.140)