Kapal Tongkang Bermuatan Alat Berat Terbakar di Perairan Tanjung Solok

Senin, 19 Desember 2022 - 23:25 WIB
loading...
Kapal Tongkang Bermuatan Alat Berat Terbakar di Perairan Tanjung Solok
Kepulan asap tebal membumbung saat api membakar kapal tongkang Makmur Selatan 888 di Perairan Solok, Tanjung Jabung Timur, Jambi. Foto: Istimewa
A A A
TANJUNG JABUNG TIMUR - Kecelakaan kapal tongkang terjadi di wilayah kerja Pelabuhan Muara Sabak Kantor KSOP Kelas IV, Muara Sabak, tepatnya di Perairan Solok, Kabupaten Tanjungjabung ( Tanjab ) Timur, Jambi.

Sebuah kapal tugboat (TB) Makmur Selatan 888/BG.MP-XXI yang membawa alat berat terbakar di kawasan Ambang Luar Perairan Pelabuhan Muara Sabak, Senin (19/12/2022).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV, Muara Sabak, Muhamad Fahrudin mengatakan, pihaknya baru mendapatkan informasi adanya kejadian tersebut sekitar pukul 14.30 WIB.



"Informasi dari masyarakat menyebutkan terjadi kebakaran di atas tongkang BG.MP-XXI yang diduga api berasal dari salah satu alat berat yang dimuat di atas tongkang," ungkapnya, Senin (19/12/2022).

Dia menambahkan, usai mendapat informasi tersebut Kantor KSOP Kelas IV, Muara Sabak bersama-sama dengan Satpolair Muara Sabak langsung menuju titik koordinat kejadian.



Tidak hanya itu, pihaknya juga menghubungi stasiun pandu, keagenan kapal. Selanjutnya, meneruskan berita dan menginformasikan kapal-kapal yang melintas di area kejadian untuk membantu pemadaman tongkang yang terbakar.

"Alhamdulillah pada pukul 17.30 WIB, kapal tongkang BG.MP-XXI berhasil dipadamkan dengan bantuan tag boat TB Sumber 27 dan TB Karya Pasific," tutur Fahrudin.

Setelah padam, katanya, kapal tersebut dievakuasi dan ditarik ke tempat lebih aman. "Agar tidak mengganggu alur pelayaran, selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)