Mengenal Asal Nama Daerah Kuningan Jawa Barat

Senin, 19 Desember 2022 - 18:27 WIB
loading...
Mengenal Asal Nama Daerah Kuningan Jawa Barat
Kuningan merupakan sebuah wilayah yang berada di Jawa Barat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kuningan merupakan sebuah wilayah yang berada di Jawa Barat . Kabupaten ini rupanya memiliki sejarah tersendiri terkait penamaannya.

Dilansir dari kuningankab.go.id, dalam kisah Parahyangan disebut terdapat suatu permukiman yang punya kekuatan politik sama seperti sebuah negara bernama Kuningan.

Baca juga : Asal Usul Cijantung, Daerah Angker Markasnya Pasukan Elite Kopassus

Kerajaan Kuningan didirikan setelah Seuweukarma dinobatkan sebagai Raja yang bersemayam di Arile atau Saunggalah.

Seuweukarma menganut ajaran Dangiang Kuning dan berpegang kepada Sanghiyang Dharma (Ajaran Kitab Suci) serta Sanghiyang Riksa (sepuluh pedoman hidup).

Kala itu Kerajaan Kuningan bahkan sempat memperluas kekuasaannya hingga ke negeri Melayu. Kerajaan penganut ajaran Hindu ini merupakan daerah otonom yang masuk wilayah kerajaan Sunda terkenal dengan nama Pajajaran.

Dalam sejarahnya, Kabupaten Kuningan ini punya keterkaitan dengan Kabupaten Cirebon. Dimulai pada tahun 1470 an, Syeh Syarif Hidayatullah sempat diutus oleh gurunya Sunan Ampel untuk menyebarkan Islam di wilayah Jawa Barat.

Cirebon menjadi destinasi utamanya kala itu. Ketika berada di Pemerintahan Cirebon, Syeh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati menikah dengan anak dari sang kepala pemerintahan Haji Doel Iman bernama Ratu Ontin Nio.

Karena pernikahan ini membuat Syeh Syarif Hidayatullah mendapatkan kursi kekuasaan di Cirebon. Singkat cerita Sunan Gunung Jati diberkahi satu anak dari pernikahannya tersebut yang kemudian diberi nama Pangeran Kuningan.

Baca juga : Mengenal Asal Usul Nama Daerah Cililitan di Jakarta Timur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2503 seconds (0.1#10.140)