3 Musuh Terberat yang Dihadapi Gajah Mada, Terakhir Paling Melegenda

Senin, 19 Desember 2022 - 14:01 WIB
loading...
3 Musuh Terberat yang Dihadapi Gajah Mada, Terakhir Paling Melegenda
Gajah Mada merupakan seorang mahapatih Kerajaan Majapahit. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Gajah Mada merupakan seorang mahapatih Kerajaan Majapahit . Terdapat sejumlah musuh terberat yang dihadapi pada masa kepemimpinannya.

Gajah Mada diangkat menjadi seorang mahapatih pada tahun 1334. Sejak menjadi seorang mahapatih dan juga dibawah kepemimpinan Raja Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit telah menjadi salah satu kerajaan terbesar di nusantara .

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Capaian terbesar dari mahapatih Kerajaan Majapahit ini adalah berhasil menyatukan seluruh wilayah di nusantara. Hal tersebut merupakan bukti sumpah yang ia kemukakan sejak pengangkatannya menjadi patih Amangkubumi Majapahit yang terkenal dengan sumpah palapa.

Selama menjadi seorang mahapatih yang gagah berani, tentu banyak lika -iku permasalahan dan tantangan dari berbagai musuh yang telah dihadapinya.

Berikut ini, deretan musuh terberat yang pernah dilawan oleh Gajah Mada sejak menjadi mahapatih Kerajaan Majapahit.

1. Kebo Iwa

Dikutip dari sydney, Kebo Iwa merupakan seorang patih dari Kerajaan Bali Aga. Kerajaan ini sangat sulit ditaklukan oleh Majapahit karena adanya keberadaan patih Kebo Iwa.

Kebo Iwa adalah patih andalan dari kerajaan Bali Aga yang mempunyai bala tentara yang handal, sehingga pada kala itu sempat membuat nyali patih Majapahit ini menciut.

Dengan bekal strategi yang dimilikinya, Kerajaan Bali masuk dibawah kekuasaan Majapahit dengan cara mendekati dan mensiasati kekurangan dan kelemahan dari kerajaan Bali aga tersebut hingga menjadi sahabat Kerajaan Majapahit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)