Menegangkan! Truk Terjebak Banjir Lahar Dingin dari Gunung Semeru

Kamis, 15 Desember 2022 - 22:23 WIB
loading...
Menegangkan! Truk Terjebak Banjir Lahar Dingin dari Gunung Semeru
Banjir lahar dingin dari Gunung Merapi, menerjang Sungai Gendol di wilayah Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (15/12/2022). Foto/iNews TV/Gunanto Farhan
A A A
SLEMAN - Banjir lahar dingin menerjang Sungai Gendol yang ada di wilayah Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (15/12/2022). Situasi menegangkan terjadi saat sebuah truk milik penambang pasir, terjebak terjangan banjir lahar dingin tersebut.



Terjangan banjir lahar dingin terjadi, saat hujan lebat mengguyur kawasan puncak Gunung Merapi. Banjir lahar dingin yang membawa material pasir dan bebatuan, mengalir begitu deras di Sungai Gendol.



Dari laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, menyebutkan hujan di puncak Gunung Merapi tercatat mulai pukul 15.38 WIB, dengan total curah hujan 30 milimeter.



Mengantisipasi terjadinya banjir lahar dingin susulan, BPPTKG Yogyakarta mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di sungai yang berhulu di Gunung Merapi, untuk menghindari jatuhnya korban.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)