Gubernur Ridwan Kamil Wajibkan Perusahaan di Jabar Rekrut Pekerja Difabel

Rabu, 14 Desember 2022 - 19:20 WIB
loading...
Gubernur Ridwan Kamil Wajibkan Perusahaan di Jabar Rekrut Pekerja Difabel
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mewajibkan seluruh perusahaan di Jabar menerima pekerja disabilitas. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mewajibkan tiap perusahaan di Provinsi Jabar menerima pekerja penyandang disabilitas . Hal itu sebagai bagian aturan tentang Equal Employment Opportunity (EEO).

Menurut Ridwan Kamil, aturan itu menyebutkan setiap pekerja mendapat hak, perlakuan, dan kesempatan yang sama atas pekerjaan, termasuk penyandang disabilitas.

"Saya sebagai pemimpin sejak menjabat Wali Kota Bandung sudah mengedarkan keputusan eksekutif yang namanya Equal Employment Opportunity," kata Ridwan Kamil dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tingkat Provinsi Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/12/2022).



Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan, sesuai aturan tersebut, tidak boleh ada perusahaan di Jabar yang menolak karyawan difabel selama mereka mampu menunjukkan performa yang sama dengan karyawan lainnya.



Bahkan kata Kang Emil, aturan tersebut sudah ditekankan untuk seluruh kebijakan ekonomi yang ada di Jabar. Menurutnya, kebijakan itu pun telah berdampak pada prestasi Jabar atas realisasi investasi tertinggi se-Indonesia selama lima tahun berturut-turut.

"Jawa Barat selama lima tahun berturut-turut realisasi investasinya tertinggi se-Indonesia. Ini menandakan orang senang berekonomi di sini, tapi ekonomi apalah artinya kalau tidak inklusif," katanya.



Kang Emil pun memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah agar fasilitas publik memiliki akses yang memadai bagi penyandang disabilitas.

"Pastikan semua fasilitas publik memiliki akses yang memadai untuk kaum disabilitas. Tolong cek hotel-hotel, gedung-gedung pemerintah harus ada toilet khusus yang memadai untuk kaum disabilitas," tegasnya.

"Ini adalah pilihan kita untuk menunjukkan penghargaan terhadap semua warga Jawa Barat agar bahagia," tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0780 seconds (0.1#10.140)