Ini Daftar 19 Produk Budaya Jabar Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Senin, 12 Desember 2022 - 21:38 WIB
loading...
Ini Daftar 19 Produk Budaya Jabar Jadi Warisan Budaya Tak Benda
Degung sebagai salah satu produk budaya asal Jabar resmi menyandang status WBTB bersama 18 produk budaya asal Jabar lainnya. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Pemerintah pusat melalui Kemendikbud Ristek resmi menetapkan 19 produk budaya asal Jawa Barat sebagai Warisan Budaya Tak Benda ( WBTB ) tahun 2022.

Sertifikat penetapan 19 WBTB asal Jabar tersebut diterima oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pada Malam Apresiasi Kebudayaan Indonesia 2022 di kantor Kemendikbud Ristek, Jakarta Jumat (9/12/2022) lalu.

Penetapan melalui serangkaian penilaian oleh Tim Ahli WBTB dan sidang penetapan sampai dihasilkan rekomendasi kepada Mendikbud Ristek untuk ditetapkan.



Jabar menjadi terbanyak kedua penerima sertifikat WBTB setelah Daerah Istimewa Yogyakarta (21 sertifikat). Sementara total sertifikat WBTB yang diserahkan malam itu sebanyak 200 sertifikat dari 32 provinsi. Hingga kini total produk budaya yang sudah ditetapkan sebanyak 1.728 WBTB secara nasional.



Selain penetapan WBTB, pelestari sastra asal Jabar Ajip Rosidi juga mendapatkan gelar tanda kehormatan dari Presiden Republik Indonesia, yakni Bintang Mahaputera Pratama.

Gelar yang sama juga didapat oleh maestro seni tradisi Sunda Gugum Gumbira (Bintang Jasa Naraya). Gelar dan tanda kehormatan dari Presiden ini diterima oleh masing-masing ahli waris.

Kemendikbud Ristek memberikan pula penghargaan Kategori Pelestari kepada Engkus Ruswana dan berhak mendapatkan pin emas 18 karat seberat 5 gram, piagam penghargaan, serta dana apresiasi Rp50 juta.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)