Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Canangkan PIN Polio

Senin, 12 Desember 2022 - 16:51 WIB
loading...
Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Canangkan PIN Polio
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi, secara resmi mencanangkan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio bagi anak usia 0-12 tahun di Kabupaten Aceh Barat yang dilaksanakan di halaman Kantor Keuchik Rundeng, Senin (12-12-2022).
A A A
MEULABOH - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi, secara resmi mencanangkan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio bagi anak usia 0-12 tahun di Kabupaten Aceh Barat yang dilaksanakan di halaman Kantor Keuchik Rundeng Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat, Senin (12-12-2022).

Pelaksanaan Sub-PIN Polio di Kabupaten Aceh Barat merupakan tindak lanjut untuk memutus mata rantai potensi penyebaran terhadap temuan lima kasus polio di Kabupaten Pidie.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan imunisasi massal Polio kepada anak usia 0-12 tahun yang dilaksanakan mulai tanggal 12 hingga 18 Desember 2022 di 12 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat dengan jumlah sasaran 41.356 anak.
Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Canangkan PIN Polio


Pelaksanaan Sub-PIN Polio sendiri, bertempat di 372 Posyandu dan 361 sekolah PAUD, Sekolah dasar, serta Madrasah Ibtidaiyah yang berada dalam wilayah kerja puskesmas se Kabupaten Aceh Barat dengan petugas kesehatan yang disiapkan sebanyak 522 orang yang dibantu oleh 1.861 kader Posyandu, dan jumlah vaksin yang didistribusikan ke seluruh Puskesmas sebanyak 41.500 dosis.

Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi, dalam sambutannya mengatakan Sub-PIN polio ini merupakan respon cepat Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam melakukan pencegahan dan memutus transmisi virus polio dengan pemberian imunisasi massal novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) kepada seluruh anak usia 0-12 tahun dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat.

Menurut Mahdi, program imunisasi merupakan salah satu langkah yang paling efektif dalam pencegahan penyakit polio. Sejak munculnya wabah polio di Indonesia, Pemerintah dengan dukungan dari WHO dan UNICEF telah memutuskan untuk melakukan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) sebagai usaha pencegahan penyakit polio.

Menyusul ditemukannya kasus polio di Kabupaten Pidie yang telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), Pemerintah Kabupaten Aceh Barat telah menjadikan penanganan dan pencegahan penyakit folio sebagai salah satu prioritas utama sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Aceh.

Mahdi menambahkan pihaknya akan memastikan sebanyak 41.356 anak berusia 0-12 tahun yang menjadi sasaran imunisasi polio dari 12 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat, mendapatkan imunisasi yang optimal pada pos-pos imunisasi yang telah dibentuk, baik diposyandu maupun sekolah-sekolah yang berada dalam wilayah kerja Puskesmas Kecamatan, sehingga target sasaran imunisasi polio di Kabupaten Aceh Barat dapat tercapai 100 persen ucapnya.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh petugas kesehatan di Puskesmas, Posyandu dan Polindes agar dapat melaksanakan program imunisasi ini dengan penuh kesungguhan dan kepedulian, termasuk dengan melakukan sweeping imunisasi door to door ke rumah-rumah selama sepekan ini, guna memastikan seluruh anak mendapatkan imunisasi polio pintanya.

Disamping itu, Mahdi juga meminta seluruh SKPK terkait bersama para camat, para Keuchik dan tokoh masyarakat untuk terus menjalin sinergitas, sekaligus mengajak masyarakat agar ikut serta menyukseskan kegiatan imunisasi polio yang digelar di masing-masing wilayah itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2975 seconds (0.1#10.140)