Mewah! Ada 12 Kereta Kencana untuk Kirab Pernikahan Kaesang-Erina Gudono

Jum'at, 09 Desember 2022 - 20:04 WIB
loading...
Mewah! Ada 12 Kereta Kencana untuk Kirab Pernikahan Kaesang-Erina Gudono
Kereta kencana yang akan dipakai kirab pernikahan Kaesang-Erina Gudono, saat berada di Polresta Surakarta, Jumat (9/12/2022). Foto/MPI/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Kirab pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono di Kota Solo, akan menggunakan 12 kereta kencana, pada Minggu (11/12/2022). Kereta kencana itu, salah satunya akan dinaiki mempelai, dan keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Kaesang Kembalikan Kado Pernikahan 9 Wastafel Marmer

Untuk menarik kereta kencana ini, dibutuhkan sebanyak 28 ekor kuda. Kereta kencana itu didatangkan dari Klaten, Sukoharjo, dan Solo. Dua kereta di antaranya merupakan milik Presiden Jokowi sendiri. Kedua kereta ini yang akan dinaiki mempelai pengantin dan Presiden Jokowi.



"Sedangkan tiga lainnya milik Pemkot Solo. Kalau punya saya dua kereta yang dipakai," kata pemilik kereta kuda, Pajajaran Stabel, Mas Ngabehi Mujiono Prasetyo, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Gempar! Warga Tanggamus Terluka Parah Diterkam Buaya

Sementara untuk kuda, berasal dari Sukoharjo, Boyolali, dan Solo. Sebelum dipakai kirab dari Loji Gandrung yang merupakan Rumah Dinas Wali Kota Solo, menuju lokasi resepsi di Pura Mangkunegaran, kondisi kereta sudah dicek dan diperbaiki.

Dipastikan, kondisi kereta kuda tersebut sudah dalam kondisinya betul-betul bagus saat acara prosesi pernikahan berlangsung. "Sebelumnya sudah saya cek, dan servis, serta dikasih faselin dan oli," ujarnya.

Untuk kusir kereta kuda yang dinaiki pasangan pengantin, berasal dari kepolisian. Sedangkan kusir dari kereta yang dinaiki Presiden Jokowi, adalah adiknya bernama Heru Fitri Satmoko.

Baca juga: Jamaah Salat Jumat di Jombang Heboh, Belasan Sandal dan Sepatu Hilang Bersamaan

"Saya di bawah untuk koordinasi, supaya jalannya kirab nanti bisa lancar. Kalau aku di atas nanti kalau ada yang kurang gimana-gimana nanti nggak bisa. Aku ditunjuk di depan," ucapnya.

Untuk itu, ia dan rekan-rekannya berupaya semaksimal mungkin dengan cara kerja sama. Sebelum dipakai kirab, untuk saat ini semua kereta kencana diletakkan di Polresta Surakarta.

Dikatakannya, untuk kuda akan tiba pada Sabtu (10/12/2022). Kuda yang dipakai jenis KP, yakni persilangan dari kuda lokal dengan kuda dari luar negeri. Kuda yang digunakan, semua berjenis kelamin betina, karena lebih tenang.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1500 seconds (10.177#12.26)