Terlalu! Pengungsi Gempa Cianjur Ditagih Uang Sewa Lahan Rp1,5 Juta

Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:06 WIB
loading...
Terlalu! Pengungsi Gempa Cianjur Ditagih Uang Sewa Lahan Rp1,5 Juta
Pengungsi gempa Cianjur. Foto: Ricky/SINDOnews
A A A
CIANJUR - Pengungsi korban gempa Cianjur diminta uang sewa lahan sebesar Rp1,5 juta. Para pengungsi itu tinggal di tenda darurat Kampung Hargem, Desa Nyalindung, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Bupati Cianjur, Herman Suherman pun geram dengan adanya hal tersebut. Pihaknya mengecam jika memang sampai benar-benar terjadi adanya pungutan terhadap korban bencana gempa bumi Cianjur.

"Saya belum mengetahui informasi itu. Kalau memang sampai ada, keterlaluan. Akan saya panggil dulu," katanya, Jumat (9/12/2022).



Kecaman tersebut juga dilontarkan anggota DPR RI Dapil Cianjur-Kota Bogor, Eddy Soeparno. Menurutnya, pungutan uang sewa tersebut sangat tidak pantas, lantaran kondisi bencana saat ini para pengungsi dalam situasi sulit.

"Ketika orang lain berlomba-lomba menyalurkan bantuan, ada yang justru meminta uang sewa pada pengungsi yang kesusahan. Menurut saya tidak pantas dan tidak punya rasa empati," jelasnya.



Pihaknya meminta agar kebijakan untuk relokasi pengungsi segera dilakukan ke tempat-tempat yang lebih layak seperti bangunan semi-permanen.

"Sejak seminggu setelah gempa saya sudah sampaikan pentingnya kebijakan relokasi pengungsi. Mereka tidak bisa terus-terusan tinggal di tenda darurat. Harus ada tempat yang lebih layak sebelum nanti mereka kembali ke rumah," tegasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.0973 seconds (0.1#10.140)