Sosok Aipda Warsito, Kusir Kereta Kuda yang Dinaiki Kaesang Pangarep-Erina Gudono

Kamis, 08 Desember 2022 - 15:22 WIB
loading...
Sosok Aipda Warsito, Kusir Kereta Kuda yang Dinaiki Kaesang Pangarep-Erina Gudono
Aipda Warsito menjadi kusir kereta kuda yang akan dinaiki pasangan Kaesang Pangarep-Erina Gudono saat kirab dari Lodji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Foto/MPI/R August
A A A
SOLO - Pasangan Kaesang Pangarep - Erina Gudono bakal naik kereta kuda saat kirab dari Lodji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Solo. Kirab dengan kereta kuda itu akan berlangsung pada Minggu (11/12/2022).

Kusir kereta pengantin itu anggota polisi, yakni Aipda Warsito. Kusir kuda yang dipilih memang bukan sembarangan. Aipda Warsito sudah kenyang pengalaman mengendalikan kereta kuda dan delman.



Sehari-hari, dia berdinas di Polsek Kesugihan, Polresta Cilacap sebagai Babhinkamtibmas.

Sejak kecil Aipda Warsito sering mengurus kuda dan milik keluarganya di Dusun Sojiwan, Desa Kebondalem kidul, Prambanan, Klaten.



"Kebiasaan merawat kuda merupakan turunan dari orang tuanya," kata Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Kamis (8/12/2022).

Aiptu Warsito tercatat sudah sering mengikuti event besar. Di antaranya Festival keraton Nusantara Yogyakarta, Festival Keraton Nusantara di Keraton Solo dan Cirebon, kirab Jumenengan Dalem PB X dan pernikahan Putra Dalem PB X, kirab Hari Jadi Kota Cilacap dan kirab Pernikahan Wakil Bupati Cilacap Samsul Aulia Rahman.


Iqbal menambahkan, jika dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina gudono akan disiapkan 12 kereta kuda.

Khusus untuk kereta kuda Kaesang-Erina akan ditarik oleh enam ekor kuda. Sedangkan, sebelas kereta lain akan ditarik oleh dua ekor kuda.

"Yang dipercaya untuk menyiapkan kereta kuda adalah Mas Ngabehi Mujiono Prasetyo selaku pemilik Pajajaran Stabel yang kebetulan masih kerabatnya," jelasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)