Sukabumi Gempa Magnitudo 5,8, Ini Penjelasan Badan Geologi

Kamis, 08 Desember 2022 - 13:55 WIB
loading...
Sukabumi Gempa Magnitudo 5,8, Ini Penjelasan Badan Geologi
Sukabumi mengalami gempa tektonik darat magnitudo 5,6 pada Kamis (8/12/2022). (Ist)
A A A
BANDUNG - Sukabumi mengalami gempa tektonik darat magnitudo 5,6 pada Kamis (8/12/2022). Kendati belum ada laporan kerusakan, namun gempa bumi tersebut dirasakan hampir di semua wilayah selatan dan tengah Jawa Barat.

Menurut kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Hendra Gunawan, lokasi pusat gempa bumi terletak di darat di wilayah Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Morfologi wilayah tersebut pada umumnya berupa dataran hingga dataran bergelombang, lembah, dan perbukitan bergelombang hingga perbukitan terjal.

"Wilayah ini secara umum tersusun oleh batuan berumur tersier, yaitu berupa batuan sedimen dan rombakan gunung api. Serta endapan kuarter berupa aluvial sungai dan batuan rombakan gunung api muda seperti breksi gunung api, lava, dan tuff," jelas dia.

Sebagian batuan berumur tersier dan batuan rombakan gunung api muda tersebut telah mengalami pelapukan. Endapan Kuarter dan batuan yang telah mengalami pelapukan pada umumnya bersifat lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi.

"Selain itu pada morfologi perbukitan bergelombang hingga terjal yang tersusun oleh batuan yang telah mengalami pelapukan, berpotensi terjadi gerakan tanah yang dapat dipicu oleh guncangan gempa bumi kuat dan curah hujan tinggi," jelas dia.

Namun, berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi dan kedalaman, maka kejadian gempa bumi ini diakibatkan oleh aktivitas penunjaman atau subduksi atau dapat disebut juga gempa bumi intraslab.

Baca: Aiptu Warsito, Bhabinkamtibmas Polsek Kesugihan Cilacap Kusir Kereta Kuda Kaesang-Erina.

Badan Geologi merekomendasikan agar bangunan di Kabupaten Sukabumi harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi guna menghindari dari risiko kerusakan. Selain itu juga harus dilengkapi dengan jalur dan tempat evakuasi.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3192 seconds (10.177#12.26)