Achmad Fauzi Dinilai Perkuat Kultur Madura dan Mataraman

Selasa, 06 Desember 2022 - 18:47 WIB
loading...
Achmad Fauzi Dinilai Perkuat Kultur Madura dan Mataraman
Bupati Sumenep Achmad Fauzi menjadi salah satu nama yang masuk dalam kandidat potensial untuk maju ke Pilkada Jawa Timur dari sejumlah hasil survei. (Ist)
A A A
SURABAYA - Bupati Sumenep Achmad Fauzi menjadi salah satu nama yang masuk dalam kandidat potensial untuk maju ke Pilkada Jawa Timur dari sejumlah hasil survei. Menurut Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga Suko Widodo, Achmad Fauzi dapat mewakili etnis Madura.

“Kalau dari aspek kultural, maka kultur Madura dan Mataraman yang bisa memperkuat (Achmad Fauzi),” ujar Suko Widodo dihubungi wartawan, Selasa (6/12/2022).

Dia pun berpendapat bahwa Achmad Fauzi bisa memperkuat posisi Khofifah Indar Parawansa jika kembali memutuskan maju sebagai gubernur. Suko menilai Achmad Fauzi menjadi sosok yang pantas mendampingi Khofifah.

Sebab, kata dia, Achmad Fauzi merepresentasikan Madura. “(Dari Madura) boleh juga disebut Bupati Sumenep (Achmad Fauzi),” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebutkan, duet Khofifah-Fauzi paling diminati responden pada Pilkada Jatim dengan raihan 41,3 persen. Lalu, disusul pasangan Emil Elestianto Dardak-Eri Cahyadi 19,5 persen dan Saifullah Yusuf-Azwar Anas 15,7 persen.

“Simulasi ini bisa menggambarkan peran tokoh muda di kancah politik,” kata Direktur ARCI Baihaqi Siratj saat memaparkan hasil surveinya.

Menurutnya, Khofifah-Fauzi punya modal yang cukup untuk memimpin Jatim, yakni prestasi selama menjabat sebagai kepaal daerah. Selain itu, memiliki kekuatan di basisnya masing-masing.

"Khofifah punya basis massa yang kuat di kalangan Nahdliyin. Tentu ini modal yang sangat penting. Bupati Fauzi juga cukup berhasil memimpin Sumenep. Terbukti dari sejumlah prestasi yang ditorehkan, utamanya di sektor wisata,” pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)