Prosesi Adat Siraman Kaesang Pangarep Gunakan Air dari 7 Sumber

Selasa, 06 Desember 2022 - 10:37 WIB
loading...
Prosesi Adat Siraman Kaesang Pangarep Gunakan Air dari 7 Sumber
Menjelang pernikahan dengan Erina Gudono di Sleman, Kaesang Pangarep akan menjalani prosesi adat siraman di kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari Solo. Foto/Instagram Kaesang Pangarep
A A A
SOLO - Menjelang pernikahan dengan Erina Gudono di Sleman, DIY, Kaesang Pangarep akan menjalani prosesi adat siraman. Prosesi ini digelar di kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022) mendatang.

Dalam prosesi ini, sesuai dengan tradisi adat Jawa maka air yang akan digunakan untuk siraman diambil dari tujuh sumber mata air.



Kakak kandung Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka menjelaskan bahwa tujuh sumber mata air itu yakni di Masjid Agung dan Al Wustho Solo, di wilayah Pengging dan rumah orang tua Presiden Jokowi di Boyolali.

Selain itu juga ada mata air Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, dan rumah kediaman keluarga Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari.

"Tujuh mata air itu sama dengan yang saya gunakan saat nikah dulu," ujar Gibran di Balai Kota Solo dikutip Rabu (6/12/2022).

Gibran menambahkan, seluruh saudara kandung Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan ikut menyiram Kaesang.



"Yang nyirami yang sudah pernah mantu. Jadi nanti pakde dan budhe semuanya karena mereka sudah pernah mantu," jelas Gibran yang menjadi Juru Bicara Pernikahan Kaesang Pangareo-Erina Gudono itu.

Selain Siraman, lanjut Gibran juga akan dilakukan, beleketepe (tanda dimulainya pernikahan) pengajian dan semak an Al Qur'an di kediaman Presiden Jokowi di Sumber.

"Siraman, yo ora oleh dadi siji (tidak boleh jadi satu). Siraman kan di rumahe dewe-dewe (sendiri-sendiri). Siraman dewe-dewe," ujarnya.



Gibran menambahkan, acara di kediaman Erina di Yogyakarta juga hampir serupa. Siraman dan pengajian dilaksanakan berbarengan dengan acara di Sumber.

Lengkap sama kayak yang di Yogyakarta. Dibarengeke. Midodareni Jumat Malam. Resepsi kami fokuskan pada hari Minggu," jelasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)