Ribuan Warga Ikuti Prosesi Bakar Batu HUT Ke-26 Puncak Jaya, Wujudkan Perdamaian

Sabtu, 03 Desember 2022 - 16:11 WIB
loading...
Ribuan Warga Ikuti Prosesi Bakar Batu HUT Ke-26 Puncak Jaya, Wujudkan Perdamaian
Ribuan warga mengikuti prosesi tradisi bakar batu memperingati HUT Ke-26 Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Bakar batu digelar di Lapangan Amanah, Pagaleme. Foto/iNews TV/Edy Siswanto
A A A
PUNCAK JAYA - Ribuan warga mengikuti prosesi tradisi bakar batu memperingati HUT Ke-26 Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Bakar batu digelar di Lapangan Amanah, Distrik Pagaleme, Sabtu (3/12/2022).

Ribuan Warga Ikuti Prosesi Bakar Batu HUT Ke-26 Puncak Jaya, Wujudkan Perdamaian


Acara bakar batu ini juga sekaligus untuk melepas Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda yang masa jabatannya akab berakhir pada 7 Desember 2022 mendatang.

Baca juga: Resmikan 82 Proyek, Bupati Puncak Jaya: Bukti Otsus Berhasil

Di sela prosesi bakar batu, bupati mengucapkan rasa terima kasih kepada warga yang membantunya menciptakan kedamaian di Puncak Jaya.

"Terimakasih selama saya menjabat Kabupaten Puncak Jaya sudah aman terkendali. Saya titipkan Puncak Jaya agar selalu damai," kata Yuni Wonda.

Bakar batu ini juga merupakan bagian dari rangkaian perayaaan Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah Kabupaten Puncak Jaya. Kegiatan sendiri berlangsung aman dan kondusif.

Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk yang menghadiri acara menyatakan, bakar batu ini mencerminkan etalase perdamaian di Tanah Papua. Hal tersebut tercermin dari sinergitas masyarakat asli dengan pendatang.

Baca juga: Tradisi Bakar Batu Warga Muslim Wamena Papua di Bulan Ramadhan

Dua menegaskan bahwa kondusivitas wilayah yang terbangun di Kabupaten Puncak Jaya patut diapresiasi dengan segala tantangan dan dinamika yang ada.

"Puncak Jaya sudah menjadi barometer dalam pembangunan di Papua. Dengan dinamika politik, pembangunan, sosial yang terjadi, keterbatasan sumber daya dan segala tantangan yang ada, Puncak Jaya masih terus berdiri kokoh," kata Ribka Haluk.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2749 seconds (11.97#12.26)