Air Mata Jenderal Bintang 2 Menitik di Pemakaman Brimob Anggota Satgas Damai Cartenz Papua

Jum'at, 02 Desember 2022 - 17:42 WIB
loading...
Air Mata Jenderal Bintang 2 Menitik di Pemakaman Brimob Anggota Satgas Damai Cartenz Papua
Briptu Anumerta Gilang Aji Prasetyo, anggota Satuan Brimob Polda Lampung, yang gugur dalam tugas sebagai Satgas Operasi Damai Cartenz di Papua, dimakamkan secara militer. Foto/MPI/Yuswantoro Lampung
A A A
LAMPUNG SELATAN - Duka mendalam dirasakan Korps Bhayangkara, khususnya Satuan Brimob Polda Lampung. Bahkan, Kapolda Lampung, Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, tak mampu membendung air mata saat memimpin upacara pemakaman almarhum Briptu Anumerta Gilang Aji Prasetyo.



Anggota Satuan Brimob Polda Lampung tersebut, gugur saat menjalankan tugas sebagai anggota Satgas Damai Cartenz di Papua. Prosesi pemakaman secara militer digelar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Merbau Mataram, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan.



Prosesi pemakaman dihadiri oleh keluarga, para pejabat dan anggota Polri, serta masyarakat umum. Mereka penuh haru mengantarkan putra terbaik dari Lampung Selatan tersebut, ke tempat peristirahatan terakhir, Jumat (2/12/2022).



Dalam sambutannya, Akhmad Wiyagus menyebutkan, almarhum Briptu Anumerta Gilang Aji Prasetyo lahir di Lampung Selatan, pada tanggal 2 Oktober 1999. Merupakan alumni di SMA Negeri 1 Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

"Almarhum merupakan seorang Bintara Polri angkatan 43. Setelah selesai pendidikan pada tahun 2019, Briptu Anumerta Gilang Aji Prasetyo penempatan tugas pertama di Satuan Brimob Polda Lampung, Kompi 1 Batalyon C Pelopor, yang bermarkas di Lampung Utara," tutur jenderal polisi bintang dua ini.

Air Mata Jenderal Bintang 2 Menitik di Pemakaman Brimob Anggota Satgas Damai Cartenz Papua


Pada tahun 2022, tepatnya pada 14 Januari 2022, almarhum Briptu Anumerta Gilang Aji Prasetyo tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz 2022, yang bertempat di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua.

Akhmad Wiyagus juga menyampaikan, negara memberikan penghargaan kenaikan pangkat luar biasa, satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya, karena jasa pengorbanan almarhum melebihi penggilan tugas, demi bangsa dan Negara Republik Indonesia.



Kenaikan pangkat luar biasa itu, termuat dalam Petikan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor: Kep/1657/XI/2022, tanggal 30 Oktober 2022 tentang Kenaikan Pangkat Luar Biasa Anumerta yang ditanda tangani oleh Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Air Mata Jenderal Bintang 2 Menitik di Pemakaman Brimob Anggota Satgas Damai Cartenz Papua


"Kepada kedua orang tua dan keluarga almarhum Briptu Anumerta Gilang Aji Prasetyo, kami berharap bisa bersabar dan ikhlas atas kepergian almarhum. Selamat jalan Bhayangkara terbaikku, engkau pahlawan pembela negara, dan semoga engkau ditempatkan yang terbaik di sisi Tuhan," pungkas Akhmad Wiyagus.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)