Wapres Bakal Resmikan Pusat Pelatihan Kerja Somatua di Mimika

Selasa, 29 November 2022 - 03:55 WIB
loading...
Wapres Bakal Resmikan Pusat Pelatihan Kerja Somatua di Mimika
Percepatan pembangunan di Papua membutuhkan SDM handal dan berkualitas. Hal itu direspons positif dengan dibukanya pusat pelatihan kerja, seperti Somatua di Mimika. Foto/Ist
A A A
TIMIKA - Percepatan pembangunan di Papua membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkualitas. Hal itu direspons positif dengan dibukanya pusat pelatihan kerja, seperti di Mimika.

Pusat pelatihan kerja yang diberi nama Somatua Training Center bakal diresmikan oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amien pada Rabu (30/11/2022) besok.



"Sekarang kami sedang melakukan persiapan karena Wapres dipastikan hadir saat peresmian bersamaan dengan beberapa agenda di Kabupaten Mimika," kata Direktur Somatua Training Center Maximus Tipagau dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Dia menjelaskan, pusat pelatihan ini menjadi salah satu lokasi pengembangan SDM bagi masyarakat Papua sesuai dengan standar kompetensi, yakni soft skill maupun hard skill.

"Karena ketika bicara percepatan pembangunan maka mau tidak mau bicara soal pembangunan SDM-nya. Kami sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota dan distrik untuk menjadi mitra bagi pengembangan dan kemajuan bersama masyarakat asli Papua," ujarnya.

Diharapkan pusat pelatihan ini menjadi tempat bagi masyarakat dari tujuh suku di Mimika Papua, untuk meningkatkan keahlian, kompetensi dan produktivitas yang berkualitas dan mandiri. Sehingga memiliki peluang besar untuk bekerja dan mengurangi pengangguran.


Di lokasi ini akan dilakukan pengembangan keterampilan dan keahlian bagi masyarakat umum dalam bidang UMKM, mulai dari konsultasi bersama masyarakat hingga pemasaran produk-produk unggulan secara mandiri.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2165 seconds (0.1#10.140)