Miris! Ratusan Korban Gempa Cianjur Mengungsi di Kuburan

Senin, 28 November 2022 - 12:32 WIB
loading...
Miris! Ratusan Korban Gempa Cianjur Mengungsi di Kuburan
Pengungsi gempa Cianjur. Foto: Istimewa/Antara
A A A
SUKABUMI - Ratusan warga korban gempa Cianjur, mengungsi ke tempat pemakaman umum. Mereka mendirikan tenda dari terpal di Kampung Mangun, Desa Mangukerta, Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Atin, salah seorang pengungsi mengatakan, jumlah warga yang mengungsi di tempat pemakaman umum sebanyak 187 orang. Mereka mengaku terpaksa mengungsi ke tempat ini karena tidak ada tempat yang lebih aman.

"Sejak gempa terjadi, ratusan warga sudah bertahan di pemakaman ini. Kami tidak punya pilihan lagi untuk tempat mengungsi, ditambah tempat pemakaman ini dekat dengan rumah kami," katanya, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Korban Gempa Cianjur Meninggal usai Guncangan Gempa Susulan

Untuk menampung ratusan pengungsi itu, warga mendirikan sebanyak delapan tenda secar swadaya dan apa adanya. Dalam satu tenda pengungsian ini, bisa di isi sebanyak 50 orang.

Yang mengenaskan, di tenda ini, banyak terdiri dari anak-anak dan lansia. Mereka mengaku terpaksa bertahan di tempat pemakaman ini, dan tidak mau pindah ke posko pengungsian yang didirikan pemerintah.

Baca: Sisir Korban Gempa Cianjur, Basarnas Kerahkan Helikopter

Usman, pengungsi lainnya mengatakan, posko pengungsian yang didirikan pemerintah letaknya sangat jauh dari kampung mereka. Di tambah, para pengungsi memiliki anak-anak dan terdiri dari lansia.

"Terlalu jauh, kasihan anak-anak. Apalagi di sini juga banyak lansia," ungkapnya.

Untuk diketahui, di desa ini terdapat ribuan rumah yang mengalami rusak akibat guncangan gempa M5,6 yang terjadi pada Senin minggu lalu.
(san)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3603 seconds (11.252#12.26)