Kesehatan Warga Malang Selatan Pasca Banjir Bandang Terus Dipantau

Minggu, 27 November 2022 - 17:50 WIB
loading...
Kesehatan Warga Malang Selatan Pasca Banjir Bandang Terus Dipantau
Alumni SMA 3 Padmanaba Jogjakarta, memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada korban banjir di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.
A A A
MALANG - Bantuan untuk korban banjir bandang Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur terus berdatangan. Kali ini bantuan diberikan alumni SMA 3 Padmanaba Jogjakarta. Bantuan berupa pelayanan kesehatan.

Pemberian bantuan ini sekaligus memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember. Warga antusias mendatangi lokasi pelayanan kesehatan di Balai Desa Sitiarjo, Minggu (27/11/2022) pagi.

Nampak lansia, bapak, ibu dan warga yang lain diperiksa tim kesehatan RS Husana Kepanjen. Pemeriksaan di antaranya tekanan darah, kadar kolesterol, kondisi kesehatan, gula darah dan pemberian obat obatan.

Baca juga: Diterjang Banjir dan longsor, Akses Jalan Provinsi di Mandailing Natal Putus

Tim dokter yang bertugas mendiagnosa berbagai macam keluhan dari warga terdampak Banjir Sitiarjo. Meski tidak ditemukan indikasi penyakit berbahaya, sejumlah warga mengeluhkan masalah pencernaan dan penyakit kulit.

"Rata rata keluhannya pegel linu, darah tinggi dan kesemutan. Untuk sementara darah tinggi beberapa punya riwayat penyakit stroke, penanganannya kita berikan obat untuk mengkontrol tekanan darah dan stroke untuk antisipasi serangan stroke. Rata rata usia 60 tahun ke atas, pasca banjir mengeluhkan penyakit kulit dan pencernaan," kata dokter Rumah Sakit Hasta Husada Kepanjen, Muhammad Beni Haryanto.

Ketua Padmanaba Jawa Timur, Danang Surya Idrawan mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk bakti sosial untuk warga Sitiarjo paska banjir bandang. Selain bantuan kesehatan juga trauma healing bagi warga dan anak korban banjir.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk membantu saudara saudara yang kemarin terkena banjir. Merupakan wujud bakti kami tidak henti untuk selalu bermanfaat bagi sesama," papar Danang Surya Indrawan.

Warga menyambut baik hal ini. Selain sebagai sarana sosial dan trauma healing, juga membantu mendapatkan layanan kesehatan lebih baik. "Saya merasa terbantu karena bisa cek kesehatan saya disini. Lebih mudah dan gratis," ujar Sugati, warga Sitiarjo.

Kepala desa juga turut mengapresiasi dan berterima kasih. "Terima kasih sangat bermanfaat bagi warga kami pasca banjir mungkin capek dan banyak stresss, terimakasih sudah mau membantu dan peduli. Tuhan memberkati," tegasnya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2249 seconds (10.177#12.26)