alexametrics

Pusri Pastikan Pupuk Bersubsidi Tepat Sasaran

loading...
Pusri Pastikan Pupuk Bersubsidi Tepat Sasaran
Pusri Pastikan Pupuk Bersubsidi Tepat Sasaran. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Dede Feb
A+ A-
PALEMBANG - PT Pusri Palembang anak perusahaan PT Pupuk Indonesia berkomitmen mendistribusikan pupuk subsidi aman sampai ke petani Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam program ketahanan pangan nasional.

Manager Humas Pusri Soerjo Hartono mengatakan, selain menjamin terpenuhinya stok pupuk di kios pengecer, pihaknya juga memastikan dalam penyaluran pupuk bersubsidi tidak terjadi penyelewengan dan kelangkaan pupuk.

"Dalam menyalurkan pupuk bersubsidi kami melaksanakannya secara tertutup, sesuai alokasi yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian. Disamping itu, kami juga selalu mensosialisasikan kepada petani tentang cara mendapatkan pupuk melalui sistem tertutup tersebut, karena hanya petani yang terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) yang dikelola Kementerian Pertanian yang berhak mendapatkan pupuk bersubsidi," ujar Soerjo kepada SINDOnews, Kamis (09/07/2020).

Menurutnya, penerapan sistem e-RDKK ini diyakini dapat meminimalisir penyelewengan sehingga penyaluran pupuk bersubsidi semakin tepat sasaran. Serta diharapkan dapat mencegah terjadinya duplikasi data penerima subsidi.



Dalam memasarkan pupuk bersubsidi, kata Soerjo, pihaknya selalu mematuhi aturan yang berlaku. Diantaranya Peraturan Menteri Perdagangan tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian secara nasional mulai dari Lini I sampai dengan Lini IV.

Soerjo melanjutkan, Peraturan Menteri Pertanian tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk bersubsidi sektor pertanian tahun anggaran 2020, Juncto Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2020.



Kedua aturan tersebut dijadikan sebagai pedoman produsen, distributor dan penyalur yang wajib dipenuhi dalam proses penyaluran pupuk bersubsidi.

"Kami juga berpegang teguh pada Prinsip 7 Tepat, yaitu tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat mutu. Prinsip ini kami terapkan di semua tingkatan jalur distribusi sampai ke tingkat petani yaitu dari Lini I hingga Lini IV," jelasnya.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak